Paul Allen Tulis Memoar di HUT 36 Microsoft

Kompas.com - 05/04/2011, 16:16 WIB
EditorTri Wahono

SEATTLE, KOMPAS.com - Salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen, telah menyiapkan memoar dalam bentuk buku saat Microsoft berusia 36 tahun. Buku tersebut akan diluncurkannya pada 17 April 2100 mendatang.

Memoar dalam bentuk buku berjudul "Idea Man" itu akan mengisahkan perjalanannya di awal pendirian Microsoft bersama Bill Gates. Di dalam buku inilah mungkin akan terungkap fakta-fakta menarik yang sebelumnya mungkin belum diketahui, termasuk situasi sulit dan hubungannya dengan Bill Gates yang membuat Paul Allen memilih meninggalkan Microsoft.

Ia tak lagi berperan dalam operasional Microsoft sejak meninggalkan dewan direksi pada tahun 2000. Namun, ia masih menjadi penasihat eksekutif senior dan masih memegang 138 juta lembar saham Microsoft. Bill Gates juga sudah menarik diri dari Microsoft untuk fokus ke kegiatan sosial mulai 27 Juni 2008.

Paul Allen dan Bill Gates mendirikan Microsoft pada 4 April 1975 yang kemudian berkembang menjadi raksasa software terbesar di dunia. Microsoft menjadi fenomenal setelah mengembangkan Windows sebagai platform PC utama dunia yang merevolusi komputer untuk setiap orang. Sampai saat ini pun, Windows masih memegang pangsa pasar platform PC sekitar 91 persen.

Berikut perjalanan Windows dari generasi ke generasi:

Versi pertama Windows 1.0 dirilis 20 November 1985 yang sudah dilengkapi user interface grafis sederhana berjalan di atas DOS. Namun, saat itu, Windows belum disediakan sebagai sistem operasi tersendiri karena seyogyanya semacam ekstensi bagi MS-DOS. Namun, menurut Paul Thurrott, dalam situs pribadinya www.winsupersite.com, Windows versi pertama sudah menyediakan cara menggunakan komputer yang lebih produktif karena mendukung multitasking, menjalankan beberapa aplikasi bersamaan, copy paste, dan navigasi dengan mouse.

Windows 2.0 dirilis 1987 dengan manajemen memori yang lebih baik ketimbang versi pertama. Saat itu, Microsoft membangi Windows dalam dua versi yakni yang bekerja di atas prosesor Intel 80826 atau Windows 286 dan Windows 386. Versi pertama yang menggunakan 32 bit memori address ke depan lebih populer meski versi 64 bit tetap disediakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Windows 3.0 muncul tahun 1990. Saat itu, pasar komputer personal mulai ramai dengan hadirnya Amiga 500, Apple IIGS, dan Commodore 64. Namun, PC berbasis Windows 3.0 dan turunnanya melesat lebih cepat meninggalkan pesaingnya. Bahkan Amiga dan Commodore bangkrut. Mulai tahun 1990-an, Microsoft mengembangkan versi Windows NT.

Windows versi keempat yang disebut Windos 95 yang hadir dengan user interface lebih baik hadir pada Agustus 1995. Disusul Windows 98 pada Junia 1998 dan Windows 98 Second Edition pada Mei 1999.

Windows 2000 yang merupakan turunan Windows NT keluar pada Februari 2000. Windows Me yang menggabungkan Windows 98 dan Windows 2000 keluar pada September 2000.

Windows XP melebur platform untuk konsumen dan bisnis dfengan menyediakan beberapa versi pada Agustsu 2001. Windows Server 2003 dirilis 1,5 tahun kemudian. Disusul Windows Vista pada akhir 2006 dan Windows Server 2008 pada awal 2008.

Terakhir Windows 7 dirilis pada 22 Oktober 2009.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.