Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompetisi Startup

Inilah 15 Pemenang iMulai 3.0

Kompas.com - 06/04/2011, 17:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Program tahunan iMulai (kependekan dari 'Indonesia Mulai'), kompetisi inovasi Bisnis Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi persembahan Microsoft Indonesia dan USAID, mengumumkan 15 pemenang hasil kontes di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (6/4/2011).

Sebelum kompetisi dimulai, iMulai telah mengadakan workshop di 7 kota, di antaranya Jakarta, Denpasar, Medan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Lalu pendaftaran Kompetisi dimulai sejak tanggal 29 Januari hingga 12 Maret 2011. Pengumpulan proposal ditutup hingga 20 Maret 2011. Dan hari ini, tanggal 6 April 2011, diumumkan 50 besar proposal terbaik dimana pada puncak acaranya, panitia mengumumkan 15 proposal pemenang.

Menurut Andy L. Sirait, Ketua Panitia Kompetisi, tim juri yang berasal dari berbagai latar belakang profesi dan keahlian yaitu dari kalangan wirausaha, investor, analis bisnis, ahli TIK serta perwakilan dari USAID dan Microsoft Indonesia, menentukan pemenang berdasarkan 3 hal. Pertama, inovasi teknologi. Adalah penilaian tentang sejauh mana peserta dapat melakukan inovasi dalam teknologi itu sendiri. Penilaian dari level complicated. Kedua, inovasi bisnis. Adalah penilaian sejauh mana peserta dapat mengajukan inovasi bisnis dari produknya. Apakah menjual sesuatu yang baru atau menggunakan model lama. Ketiga, sustainability. Adalah proyeksi peserta untuk ke depannya seperti apa.

Sebagai contoh, proyeksi keuangan, strategi bisnis, dan lain-lain. Para pemenang berhak atas lisensi piranti lunak Microsoft senilai maksimum 250.000 dollar AS. Para pemenang juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam Start-Up Bootcamp yang berlangsung selama 3 hari. Pada 7 dan 8 April 2011 para pemenang akan mengikuti classroom session di Hotel Crown Plaza Jakarta. Classroom berisi workshop tentang proyeksi finansial, skenario bisnis, presentasi, sebagai pembekalan untuk para pemenang.

Sedangkan tanggal 9 April 2011 para pemenag akan menjalani pitching session di kantor Microsoft Indonesia. Dalam kesempatan ini para pemenang akan berkesempatan melakukan presentasi kepada para investor, diantaranya 1 VC level Global, 4 VC dari Asia Pasifik, 1 VC dari Indonesia, 1 Angel Investor dari eropa dan 2 Angel Investor dari Indonesia.

Lima belas pemenang kompetisi tersebut yakni :

  1. Proposal NyanyiYuk (Bandung)
  2. Proposal NgaturDuit.com (Jakarta)
  3. Proposal Movreak (Bandung)
  4. Proposal RBT Ads Network (Surabaya)
  5. Proposal MediHaste - Quick Lab Result (Surabaya)
  6. Proposal Football Saga (Bandung)
  7. Proposal VirtuTrade (Jakarta)
  8. Proposal Primagamaplus.com (Jakarta)
  9. Proposal Ngomik (Bandung)
  10. Proposal Rockto.com - Social Recommendation Site (Jakarta)
  11. Proposal ProHukum (Depok)
  12. Proposal SendokGarpu (Jakarta)
  13. Proposal VeriShop - Verifikator Online Business (Jakarta)
  14. Proposal Inkuiri.com - Mesin Pencari Produk Indonesia (Yogyakarta)
  15. Proposal NoLimit (Bandung)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com