Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Ujian Nasional

UN Dipasangi CCTV, Siapa Takut?

Kompas.com - 18/04/2011, 16:54 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com — Agar tidak terjadi kecurangan dalam ujian nasional, semua ruang ujian di SMA Negeri 1 Lamongan dipasangi kamera pengintai atau CCTV. Alat itu dinilai efektif untuk memantau bila terjadi kecurangan dalam ujian nasional tingkat SMA.

Di sekolah itu tercatat ada 349 siswa peserta ujian nasional. Setiap ruang ujian dijaga dua pengawas dari sekolah lain, selain dipasangi kamera CCTV. Kamera pengintai ditempatkan di atas kelas atau sudut ruangan.

Kamera CCTV itu terhubung dalam perangkat komputer. Semua aktivitas siswa atau pengawas selama ujian berlangsung akan terekam.

Kepala SMA Negeri 1 Lamongan Wantoro Putro menjelaskan, pemasangan CCTV itu tidak memengaruhi konsentrasi siswa dalam mengerjakan soal ujian. "Mereka sudah terbiasa terpantau CCTV saat proses belajar mengajar. Diharapkan, ujian nasional berlangsung dengan jujur," katanya.

Secara keseluruhan, siswa tingkat SMA yang mengikuti ujian nasional di Lamongan sebanyak 13.378 siswa. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Mustofa Nur menyebutkan, peserta dari SMA sebanyak 5.847 siswa, SMK sebanyak 5.284 peserta, dan MA sebanyak 3.847 siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com