Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

e-commerce

Faktor Kepercayaan dalam Industri Online

Kompas.com - 27/04/2011, 10:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Faktor kepercayaan masih menjadi hambatan bagi konsumen dalam melakukan jual-beli online atau dikenal dengan e-commerce. Sehingga pembayaran masih didominasi dengan metode transfer dan pembayaran fisik. 

Hal ini disampaikan oleh Chairwomen Indonesia Digital Byte (IDBYTE) Shinta Dhanurwardoyo, usai menggelar konferensi pers terkait penyelenggaraan IDBYTE 2011 , yang sedianya akan dilaksanakan di Pacific Place, Jakarta, pada 11-14 Juli 2011 mendatang.

"Saya lihat orang Indonesia ini masih butuh yang namanya mendengarkan suara atau mendapatkan reply dari sms," jelas Shinta, di Jakarta, Selasa ( 26/4/2011 ).

Menurut mantan CEO Plasa.com ini, dari pengalamannya selama 15 tahun sebagai technopreneur, masih ada ketakutan konsumen karena dengan cara online tidak akan penjual yang ditemui secara langsung.

Namun, ia menuturkan, rasa kurang percaya konsumen bisa disebabkan karena belum adanya peraturan dan beredarnya cerita negatif di masyarakat akan perdagangan online. "Yang mungkin kita harus lakukan adalah menciptakan positive side-nya juga," jelasnya. 

Menurutnya, kalau suatu perusahaan online telah memakai trusted e-commerce side, seyogyanya masyarakat harus percaya. "Karena seharusnya mereka sudah memprotek semua itu," tutur Shinta.

Shinta menyebutkan saat ini pemerintah melalui Kementrian Perdagangan tengah menyusun aturan terkait industri e-commerce. Untuk ini, ia menyatakan sudah ada aturan dari negara lain yang bisa dijadikan acuan, sehingga tidak perlu menyusun dari nol, yang dapat memakan waktu. "Sebenarnya dari negara tetangga sudah banyak ya. Saya tahu kayak Filipina itu udah punya sesuatu (aturan e-commerce) yang lumayan bagus," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com