Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CCTV Monas Akan Dilengkapi Inframerah

Kompas.com - 28/04/2011, 19:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat ini delapan titik di kawasan Monas, Jakarta Pusat, telah dilengkapi kamera closed circuit television (CCTV). Namun, karena fungsinya belum maksimal, terutama pada malam hari yang hanya mampu memantau jarak 15 meter, membuat fungsi kamera harus dibantu sinar inframerah sehingga jarak pantau masing-masing kamera saat siang dan malam hari tetap mencapai 300 meter.

"Untuk memantau jarak yang agak jauh, rencananya pada 2012 kamera CCTV akan dilengkapi dengan inframerah," kata Ridho Bahar, Kasudin Komunikasi Informasi dan Kehumasan (Kominfomas) Jakarta Pusat, Kamis (28/4/2011).

Namun, sebelum dilakukan pemasangan, pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu. Saat ini, waktu operasional CCTV hanya diberlakukan dari pukul 05.00-19.00. Setelah melewati waktu tersebut, posisi kamera diturunkan mengarah pada tangga yang terletak pada tiang CCTV untuk mengantisipasi terjadinya pencurian terhadap fasilitas pemantau keamanan itu.

Selain penambahan fasilitas inframerah, pihaknya juga melakukan evaluasi terhadap letak pemasangan CCTV. Jika posisinya dianggap kurang maksimal untuk melakukan pemantauan, letaknya akan direlokasi ke posisi yang lebih baik.

Ridho menyebutkan, CCTV di Monas sudah resmi beroperasi sejak Januari lalu. Pemasangan CCTV dengan ketinggian 9 meter itu disebar di delapan titik, yaitu satu unit di kawasan IRTI Monas, sedangkan yang lainnya dipasang melingkari kawasan Monas di tujuh titik dengan dilengkapi pengeras suara. Selain itu, sambung Ridho, dua monitor beserta operatornya ditempatkan di Sudin Kominfomas untuk memantau aktivitas yang terjadi di Monas.

"Satu operator akan memantau empat kamera. Mereka memantau dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam. Jika ditemukan pelanggaran yang terekam lewat CCTV, akan ditindaklanjuti dengan imbauan lewat pengeras suara atau tindakan Satpol PP yang setiap saat berjaga di Monas," ujarnya.

Ditambahkan Ridho, anggaran untuk CCTV ini sebesar Rp 1,7 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com