Firefox 4 Launch Party Digelar di Jakarta

Kompas.com - 30/04/2011, 19:13 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Firefox 4 Launch Party digelar Sabtu (30/4/2011) malam di Teater Atap Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Acara ini digelar berkaitan dengan peluncuran Firefox 4 di Indonesia, browser versi terbaru yang dikembangkan Mozilla.

Beberapa orang penting yang datang antara lain Director of Asia Business Development Mozilla Gen Kanai dan Viking Karwur, manager Komunitas Mozilla Indonesia. Selain itu, acara juga akan dimeriahkan anggota komunitas Mozilla, komunitas blogger Jabodetabek, Pear Jam Indonesia, dan I Light This, sebuah komunitas lighting art.

"Sudah ada 230-an orang yang daftar," kata Viking saat konferensi pers siang tadi. Viking menambahkan, "Ada enam engineer (Mozilla) yang didatangkan." Mereka adalah Luke Wagner (JS Engine Engineer), Christian Legnitto (Firefox Release Manager), David Anderson (JS Engine Engineer), David Mandalin (JS Engine Engineer), dan Joshua Aas (Macintosh Developer for Firefox ).

Viking mengungkapkan, acara yang diselenggarakan hari ini merupakan bagian dari roadshow dan campus visit yang diselenggarakan di 6 kota besar di Indonesia. Sebelumnya, Jumat (29/4/2011), launch party baru saja digelar di Yogyakarta. Launch Party juga akan diadakan di kota-kota lain seperti Bandung (1/4/2011) Surabaya (4/5/2011), Makassar (6/5/2011), dan Bali (7/5/2011).

Ada pula visit kampus dan sekolah di SMU Pax Patriae, Bekasi (3/5/2011) dan Universitas Ma Chung Malang (5/5/2011). Selain di Indonesia, acara yang sama juga diselenggarakan di belahan dunia lain seperti Filipina, AS dan Rusia.

Tema global dari acara ini ialah "Team Firefox" sementara tema lokal yang diambil "Browser Rakyat". Viking menjelaskan, tema lokal diambil berdasarkan market share Firefox di Indonesia yang tertinggi di dunia, mencapai 80 persen.

"Ini berarti bahwa Firefox dipakai oleh rakyat Indonesia. Rakyat ini semuanya, enggak pandang kelas." Hingga saat ini, jumlah pengunduh Firefox 4 telah mencapai 115 juta, 3,3 juta di antaranya berasal dari Indonesia. Tercatat bahwa Indonesia merupakan negara terbesar kedua Asia yang mengunduh Firefox 4.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.