Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Versi Baru Firefox Tiap Tiga Bulan

Kompas.com - 30/04/2011, 19:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Firefox 4 baru saja diluncurkan Maret 2011 lalu dan Firefox 4 Launch Party baru digelar 29 April-7 Mei 2011 di Indonesia. Namun, Mozilla sudah berencana meluncurkan Firefox 5 pada 21 Juni 2011mendatang. Ada apa gerangan?

Ditemui di konferensi pers Firefox 4 Launch Party di Kedai Kopi Tiam Oey, Salihara, Jakarta Selatan, Sabtu (30/4/2011), Director of Asia Business Development Mozilla Gen Kanai mengatakan bahwa Firefox memang akan di-upgrade lebih sering.

"Kalau yang lalu versi baru Firefox ada tiap satu tahun sekali, sekarang kita akan upgrade 4 kali dalam setahun. Kami berusaha memenuhi fitur yang dibutuhkan pengguna dengan lebih cepat," kata Gen Kanai.

Dengan demikian, nantinya versi terbaru Firefox akan ada tiap 3 bulan sekali. Dalam jangka waktu tersebut pula, tiap pengguna mesti mengunduh versi terbaru untuk tetap update dan bisa memanfaatkan fitur terbaru.

"Ini berarti bahwa 3 bulan setelah Firefox 5, akan ada Firefox 6 dan tiga bulan berikutnya lagi akan ada Firefox 7," ungkap Kanai yang kali ini datang ke Indonesia untuk acara Firefox 4 Launch Party di 6 kota besar Tanah Air.

Lalu, apa tak repot dan membingkan harus memperbaharui tiap 3 bulan? Kanai menuturkan, "Pada dasarnya kami akan selalu penuhi kebutuhan pengguna. Nanti mungkin pengguna bisa upgrade secara otomatis."

Kanai menambahkan, waktu satu tahun untuk mendapatkan versi terbaru terlalu lama. "Sekarang sudah ada banyak browser sehingga kami perlu mengembangkan strategi untuk berkompetisi dengan yang lain," jelasnya.

Kanai mengajak untuk tak terlalu memikirkan angka versi Firefox, tetapi lebih fokus pada kelebihan yang didapat. Misalnya dalam sisi kecepatan dan keamanan yang diberikan versi terbaru. Kanai mengakui, dalam versi terbaru mungkin ada beberapa fitur yang berkurang tapi kebutuhan pengguna akan dilihat.

"Kami juga akan menunda peluncuran fitur tertentu jika memang saatnya belum tepat," ungkapnya.

Tentang Firefox 5 yang akan diluncurkan dalam 1,5 bulan lagi, Kanai mengatakan, "Anda tak akan bisa melihat perbedaannya, sebab perbedaannya lebih pada perubahan di engine-nya."

Sejauh ini, Indonesia tercatat sebagai negara terbesar kedua di Asia yang menggunakan Firefox. Sebanyak 3,3 juta Firefox 4 telah diunduh di Indonesia dengan market share 80 persen, jauh di atas yang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com