Kompetisi Software

Tim Gatotkaca Menangkan Microsoft Imagine Cup 2011

Kompas.com - 03/05/2011, 19:14 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Microsoft Indonesia hari ini mengumumkan Pemenang Imagine Cup 2011 tingkat Nasional. Pemenang pertama akan menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti Imagine Cup 2011 tingkat Internasional di New York City pada 8-13 Juli 2011.

"Lebih dari 300.000 partisipan dari seluruh dunia yang mewakili sembilan kategori akan berkumpul," ujar Julius Fenata, Academic Developer Evangelist PT Microsoft Indonesia, yang menjadi Ketua Panitia. Pernyataan ini disampaikan Julius pada presentasi final sekaligus pengumuman pemenang Imagine Cup 2011 Tingkat Nasional di FCone FX Plaza, Senayan, Jakarta, Selasa (3/5/2011).

Pemenang yang akan terbang ke New York adalah Tim Gatotkaca, yang merupakan gabungan mahasiswa ITB dan IT Telkom Bandung dan mengusung "Chilhood" Project. Tim ini menggunakan Microsoft Visual Studio 2010, Microsoft SQL Server 2008, Windows Server 2008, Microsoft Silverlight, Microsoft Expression, Microsoft NET 4.0 SDK, Windows 7 Series, Bing, ASP.net Ajax, Orchard, dan Windows Phone untuk menghasilkan sebuah aplikasi mobile yang bermanfaat dalam bidang kesehatan.

"Pemenang memiliki uniqueness yang kami harapkan bisa menonjol pada Imagine Cup 2011 tingkat Internasional di New York City, Juli mendatang," ungkap Julius. Ia menambahkan, pemenang akan diberi pembekalan oleh PT Microsoft Indonesia sebelum berangkat ke New York. "Kami akan bertemu mereka secara intens by appointment. Mungkin seminggu sekali mereka akan datang ke Jakarta untuk diberi mentoring, sekaligus brain storming tentang apa yang harus mereka persiapkan dan apa yang mereka butuhkan," ungkap Julius seusai acara.

Para juri yang memberikan penilaian pada kompetisi tahun ini antara lain Martin Hartono (Direktur JDP Venture), Djarot Subiantoro (Ketua Asosiasi Piranti Lunak Indonesia), dan Risman Adnan (Developer & Paltform Group Director PT Microsoft Indonesia).

Imagine Cup tingkat Internasional telah diadakan Microsoft sejak tahun 2003. Indonesia mulai mengirimkan delegasinya sejak tahun 2006 hingga sekarang. Imagine Cup tingkat Internasional terdiri atas 9 kategori yang dilombakan, yakni Software Design, Embedde Development, Game Design, Digital Media, Windows Phone 7, Interoperability Challenge, Windows 7 Touch Challenge, IT Challenge, dan Orchard Challenge.

Tahun 2011 ini, Microsoft Indonesia mengirimkan delegasinya, Tim Gatotkaca, untuk bersaing dengan tim dari negara lain, khusus di Kategori Software Design. Selain pemenang dari Imagine Cup 2011 tingkat Nasional, PT Microsoft Indonesia juga tidak menutup kemungkinan terhadap keikutsertaan tim lain yang ingin berangkat membawa nama Indonesia.

"Perwakilan Indonesia di luar event Imagine Cup tingkat Nasional akan tetap kami bantu fasilitasi mulai dari administrasi hingga akomodasi. Biasanya mereka mendaftar secara online. Data-data mereka akan menjadi acuan kami untuk merangkul mereka dan kita akan berangkat bersama-sama," tutup Julius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.