Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bing Jadi Standar BlackBerry

Kompas.com - 04/05/2011, 11:07 WIB

ORLANDO, KOMPAS.com - Tak hanya Adobe yang menjadi mitra dekat RIM yang tampil di panggung pembukaan BlackBerry World 2011 di Orlando, Florida, AS, Senin (2/5/2011). Secara mengejutkan CEO Microsoft Steve Ballmer juga tampil di depan sekitar 6.000 hadirin menemani Co-CEO Research In Motion (RIM) Mike Lazaridis.

Momen tersebut memang dimanfaatkan RIM untuk mengumumkan kerja sama strategis dengan Microsoft. Pengumuman terpenting adalah Microsoft Bing akan menjadi mesin pencarian standar di tablet BlackBerry PlayBook yang sudah mulai beredar di pasar sejak April 2011. begitu Pula dengan layana peta dari Microsoft.

Bukan hanya dalam bentuk aplikasi di tablet PlayBook saja. Steve Ballmer mengatakan bahwa Bing juga akan diintegrasikan penuh hingga level sistem operasi yang digunakan smartphone BlackBerry terbaru.

Kerja sama ini tentu menarik dicermati. Dengan menggandeng Microsoft, RIM tidak perlu mengeluarkan investasi langsung untuk melengkapi fitur-fitur perangkatnya terutama dalam hal mesin pencarian internet dan peta digital. RIM juga memastikan PlayBook segera bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android.

Namun, yang sampai saat ini menjadi andalan RIM adalah dukungan penuh terhadap teknologi Adobe termasuk Flash. Di BlackBerry World 2011, Shantanu Narayen (President dan CEO Adobe Systems dan Danny Winokur (VP of the Flash Runtime Adobe Systems) hadir menjadi pembicara utama. Apple yang kuat di pasar tablet dan smartphone tidak mau mndukung Flash sama sekali dan mengembangkan standar lainnya untuk konten multimedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com