Microsoft Bing Jadi Standar BlackBerry

Kompas.com - 04/05/2011, 11:07 WIB
EditorTri Wahono

ORLANDO, KOMPAS.com - Tak hanya Adobe yang menjadi mitra dekat RIM yang tampil di panggung pembukaan BlackBerry World 2011 di Orlando, Florida, AS, Senin (2/5/2011). Secara mengejutkan CEO Microsoft Steve Ballmer juga tampil di depan sekitar 6.000 hadirin menemani Co-CEO Research In Motion (RIM) Mike Lazaridis.

Momen tersebut memang dimanfaatkan RIM untuk mengumumkan kerja sama strategis dengan Microsoft. Pengumuman terpenting adalah Microsoft Bing akan menjadi mesin pencarian standar di tablet BlackBerry PlayBook yang sudah mulai beredar di pasar sejak April 2011. begitu Pula dengan layana peta dari Microsoft.

Bukan hanya dalam bentuk aplikasi di tablet PlayBook saja. Steve Ballmer mengatakan bahwa Bing juga akan diintegrasikan penuh hingga level sistem operasi yang digunakan smartphone BlackBerry terbaru.

Kerja sama ini tentu menarik dicermati. Dengan menggandeng Microsoft, RIM tidak perlu mengeluarkan investasi langsung untuk melengkapi fitur-fitur perangkatnya terutama dalam hal mesin pencarian internet dan peta digital. RIM juga memastikan PlayBook segera bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android.

Namun, yang sampai saat ini menjadi andalan RIM adalah dukungan penuh terhadap teknologi Adobe termasuk Flash. Di BlackBerry World 2011, Shantanu Narayen (President dan CEO Adobe Systems dan Danny Winokur (VP of the Flash Runtime Adobe Systems) hadir menjadi pembicara utama. Apple yang kuat di pasar tablet dan smartphone tidak mau mndukung Flash sama sekali dan mengembangkan standar lainnya untuk konten multimedia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.