Google

Pencarian Osama bin Laden Naik Satu Juta Persen

Kompas.com - 04/05/2011, 11:11 WIB
EditorPepih Nugraha

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah mengalami spread yang sangat luar biasa di Twitter, pencarian di mesin pencari Google dengan kata kunci bin laden juga mengalami peningkatan sangat luar biasa. Google melaporkan mengalami kenaikan satu juta persen untuk pencarian dengan kata kunci bin laden antara pukul 10.30 sampai dengan pukul 11.30 Minggu malam waktu Amerika Serikat.

Traffic puncak pencarian dengan kata tersebut dimulai saat kabar kematian Osama bin Laden menyebar di Twitter sampai dengan satu jam sebelum Presiden Barack Obama memberikan pidato resmi tentang terbunuhnya Osama bin Laden di Abbottabad, dekat Islamabad, Pakistan.

Kabar naiknya traffic pencarian di mesin pencari Google ini secara resmi di-tweet oleh Google melalui akunnya di Twitter. Kabar tersebut disertai dengan bukti sebuah foto yang menunjukkan traffic di mesin pencari Google.

13044708541696930746

Sumber:http://twitpic.com/4sx3ja

Peningkatan traffic di mesin pencari Google yang terkait dengan berita kematian Osama bin Laden menambah daftar euforia publik AS terhadap kematian teroris nomor satu tersebut. Sebelumnya, Yahoo! juga melaporkan mengalami peningkatan 98.550% di mesin pencarinya untuk pencarian dengan kata kunci Osama bin Laden. Akamai juga mencatat bahwa terdapat kenaikan 24% traffic web secara global saat berita kematian Osama bin Laden tersebar di internet.

Selain di internet, publik Amerika juga merayakan kematian Osama bin Laden di Times Square dan di Ground Zero. Beberapa orang yang ikut dalam perayaan tersebut membuat sebuah tulisan dengan kata-kata Keadilan Telah Ditegakkan. Hal ini menunjukkan bahwa publik AS, bahkan dunia, memang cukup tersedot perhatiannya dengan kabar kematian Osama bin Laden.

***

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kimi Raikko, jurnalis warga Kompasiana

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.