Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Wakil Rakyat

Roy Suryo Ogah Pakai E-mail DPR

Kompas.com - 06/05/2011, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comE-mail anggota DPR tengah menjadi sorotan publik. Bagaimana mungkin pada era digital yang terkoneksi tanpa batas ruang dan waktu, anggota parlemen tidak memiliki e-mail yang dapat diakses di mana saja. Tak heran sejumlah pelajar dan mahasiswa di Australia begitu kecewa saat wakil rakyat dari Komisi VIII yang tengah berkunjung ke Melbourne tidak bisa menyebut alamat e-mail resminya. 

Bukan apa-apa, aspirasi warga Indonesia di luar negeri paling mudah dan murah saat ini disalurkan lewat e-mail. Wajarkah anggota DPR malah menggunakan alamat e-mail dari penyedia layanan gratisan? Jadi, benarkah anggota DPR tidak punya e-mail resmi atau memang tak pernah menggunakannya? 

Menurut anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Roy Suryo, server e-mail berdomain dpr.go.id sebenarnya sudah disiapkan untuk anggota DPR. Namun, saat ini, banyak anggota yang tak memanfaatkannya, termasuk dirinya. Bukan tanpa alasan. 

"Server @dpr.go.id sebenarnya disediakan juga buat anggota DPR, namun bersifat intranet dan bila diakses via webmail bisa membuka peluang hacker," jelas Roy Suryo saat dihubungi Kompas.com lewat SMS, Jumat (6/5/2011). 

Dari penjelasan Roy Suryo, anggota DPR bisa memiliki alamat e-mail dengan @dpr.go.id, namun hanya dapat diakses dari Gedung DPR. Dengan alasan tak percaya jaminan security layanan e-mail DPR, Roy yang sudah lama berkecimpung di dunia internet memilih tak mengaktifkan e-mail resmi DPR. 

Sebagai gantinya, ia tetap menggunakan alamat e-mail lama yang selama ini digunakan sebagai e-mail pribadi. "Resmi, bukan gratisan, yang sudah dipakai semenjak 1996 dan diketahui luas masyarakat. Saya juga tidak pernah pakai e-mail gratisan seperti Yahoo," kata Roy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com