Kopi Darat

Yahoo! Community Townhall: Hebohnya Kumpul Komunitas

Kompas.com - 07/05/2011, 22:44 WIB
EditorPepih Nugraha

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mempunyai tingkat pertumbuhan internet tertinggi di Asia Tenggara. Dari data comScore, tahun 2009 hingga 2010, pertumbuhan pengguna internet meningkat 32% sejak Desember 2009. Hal ini menunjukkan kebutuhan pendidikan warga Indonesia agar dapat mengakses kebutuhan digital semakin meningkat.

Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional Indonesia yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, Yahoo! mengadakan Yahoo! Community Townhall (YTownhall) di @america Pacific Place, SCBD, Jakarta, Jumat (6/5/2011).

Para peserta yang datang dari komunitas Yahoo! Koprol dan Flickr, mendapat berbagai informasi seputar komunitas mereka sekaligus informasi tentang produk-produk Yahoo! Indonesia yang telah mereka gunakan. Koprol bisa menjadi contoh bagaimana sebuah perusahaan lokal Indonesia dapat menunjukkan kisah sukses mereka sendiri.

"Yahoo! Koprol adalah platform media sosial berbasis lokasi yang tumbuh secara cepat dan secara penuh melengkapi usaha kecil menengah lokal untuk menjadi sukses di lingkungan yang tingkat kompetisinya tinggi," ungkap Satya Witoelar, salah satu pendiri Koprol dalam sambutannya.

Satya kemudian memanggil salah satu komunitas yang terbentuk dari Yahoo! Koprol. Komunitas yang diberi nama Nojako tersebut berbagi cerita tentang aktifitas komunitasnya di dunia nyata setelah lama mereka saling interaksi di dunia maya (Koprol).

Nojako adalah singkatan dari (North Jakarta Koprolers) yang berdiri sejak 29 April 2010. Hingga kini aktifitas yang telah dilakukan komunitas ini meliputi Kopi Darat (bertemu langsung) di berbagai museum denga tema wisata budaya dan sejarah, serta kegiatan-kegiatan amal seperti penggalangan dana untuk penderita penyakit berat yang kurang mampu.

Selain perwakilan dari Koprolers, MC juga memanggil perwakilan dari Flickr yang bercerita seputar pengalamannya menggunakan Flickr. Thomas Arie, salah satu pengguna Flickr menyatakan bahwa ia menggunakan Flickr awalnya karena terinspirasi seorang fotografer Gedung Putih yang pernah mengabadikan foto-foto Mantan Presiden Amerika, Ronald Reagan.

"Saya justru bisa tahu isinya gedung putih dari Flickr, yang tidak pernah dipublikasi media. Semuanya penuh sejarah, ada maknanya. Sejak saat itu saya berpikir untuk membuat proyek Rewind. Yaitu mengumpulkan foto-foto keluarga saya, foto-foto saya sendiri, agar kelak anak-cucu saya nanti bisa lihat lagi foto-foto itu dan mengenangnya seperti saya mengenang foto nenek saya," ujar Arie.

Kebiasaannya meng-update foto dan mengelola Flickr pelan-pelan membuat Arie mulai dikenal banyak pengguna Flickr yang lain. Dari situlah Arie mulai membentuk komunitas dan memperluas pertemanannya. Arie juga menunjukkan hal yang mengejutkan peserta YTownhall dimana ia menemukan dokumentasi pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton di Flickr.

"Foto-foto ini tidak ada di media manapun. Ini dipublish oleh fotografer kerajaan Inggris," ujarnya kagum. Selain menunjukkan foto terbaru pernikahan William-Kate, Arie juga menunjukkan foto-foto yang dimiliki Kementrian Kesehatan di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.