Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wiimote Bisa Gerakkan Kursor Komputer

Kompas.com - 09/05/2011, 19:52 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Wiimote atau Wii Remote adalah salah satu perangkat dari konsol permainan Nintendo Wii yang memiliki kemampuan deteksi gerak karena dilengkapi teknologi accelerometer dan sensor optik. Yang banyak diketahui, Wiimote tentu dipakai untuk me mainkan judul permainan dari Nintendo yang mengeksploitasi gerakan para pemain. Namun, ternyata perangkat ini juga bisa dimanfaatkan untuk perangkat lain yakni komputer.

Hal itu terlihat dari salah satu peraga dalam STEI Students Innovation Expo yang digelar di Auditorium ITB, Senin (9/5/2011). Di salah satu sudut pameran, terdapat satu unit laptop yang sedang menampilkan permainan Angry Birds yang jamak ditemui di komputer tablet dengan layar sentuh. Namun, bukannya dimainkan menggunakan tetikus, ternyata permainan di laptop itu bisa digerakkan menggunakan Wiimote.

Menurut Kavin Yudhitia dari STEI-ITB yang memamerkan hasil karyanya, Wiimote memiliki tekonologi yang sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan selain bermain saja. Dia hanya butuh penerima infra merah yang bisa dirakit dengan sederhana untuk menangkap sinyal yang dipancarkan Wiimote dan kemudian mengirimkan lokasi maupun posisi perangkat melalui bluetooth yang juga ada di dalamnya. Untuk itu, dia memasang bluetooth adapter di laptopnya sehingga data tersebut diubah menjadi koordinat kursor tetikus maupun berbagai perintah dari tombol yang diatur sebelumnya.

Saat Kompas.com menjajalnya, pengaturannya cukup responsif. Asalkan Wiimote menghadap sensor inframerah yang masih dirakit seadanya, pergerakannya bisa ditangkap dengan detail oleh komputer. Dicoba dari jarak jauh, Wiimote tersebut baru bisa dipakai dari jarak kurang dari lima meter. Kavin menuturkan bahwa kendala jarak masih bisa diakali dengan menambahkan komponen penguat sehingga daya tangkap sinyal lebih kuat.

Saat disinggung mengenai harganya, Kavin menuturkan bahwa perangkat Wiimote tergolong murah dengan seabrek teknologi di dalamnya. Di pasaran, harga jual Wiimote bisa mencapai Rp 200.000. Tentulah jauh lebih murah ketimbang harus memproduksi sendiri.  

Soal aplikasi di masa mendatang, Kavin baru mengungkapkan bahwa penggunaan tersebut baru sebatas tampil keren dalam sebuah presentasi. "Ketimbang menggunakan slide presentasi, bukankah lebih baik tampil bergaya dengan gerakan tangan untuk mengganti halaman," ujarnya dengan nada bercanda.  

Namun, Kavin punya cita-cita di masa depan yakni menggunakan ilmu tersebut bila nanti seluruh rumah sudah terkomputerisasi. Dengan satu pengendali, sang pemilik rumah tinggal duduk di ruang tamu dan dengan kibasan tangan saja bisa menyalakan lampu, menutup jendela, dan aktivitas lain yang saat ini mungkin belum bisa dibayangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com