Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Beli Skype 7 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 10/05/2011, 13:41 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Selangkah lagi, Microsoft resmi menjadi pemilik perusahaan internet telepon Skype Technologies. Rencananya, Microsoft akan mengumumkan kesepakatan pembelian tersebut pada Selasa (10/5/2011) ini.

Nilai pembelian Skype tersebut diperkirakan lebih dari 7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 60 triliun. Menurut situs web Wall Street Journal, angka pembelian itu merupakan salah satu nilai akuisisi terbesar yang dilakukan Microsoft dalam 36 tahun terakhir.

Microsoft dan Skype enggan menanggapi kabar akuisisi tersebut. Keduanya tidak mau berkomentar soal transaksi ini.

Skype didirikan pada 2003. Perusahaan ini kemudian dibeli eBay Inc pada 2005 seharga 3,1 miliar dollar AS. Tahun 2009 eBay menjual sahamnya ke Silver Lake, Badan Investasi Dana Pensiun Kanada, dan Andreesen Howoritz senilai 1,9 juta dollar AS secara tunai dan sebesar 125 juta dollar AS dengan surat utang. Namun, eBay masih menggempit sepertiga saham Skype.

Tahun 2010 Skype telah mempunyai 124 juta pengguna. Sebanyak 8,1 juta adalah pengguna berbayar. Sebelumnya dikabarkan, Skype juga menjadi perebutan antara Facebook dan Google. (Kontan/Edy Can)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com