Microsoft Beli Skype 7 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 10/05/2011, 13:41 WIB
EditorTri Wahono

NEW YORK, KOMPAS.com — Selangkah lagi, Microsoft resmi menjadi pemilik perusahaan internet telepon Skype Technologies. Rencananya, Microsoft akan mengumumkan kesepakatan pembelian tersebut pada Selasa (10/5/2011) ini.

Nilai pembelian Skype tersebut diperkirakan lebih dari 7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 60 triliun. Menurut situs web Wall Street Journal, angka pembelian itu merupakan salah satu nilai akuisisi terbesar yang dilakukan Microsoft dalam 36 tahun terakhir.

Microsoft dan Skype enggan menanggapi kabar akuisisi tersebut. Keduanya tidak mau berkomentar soal transaksi ini.

Skype didirikan pada 2003. Perusahaan ini kemudian dibeli eBay Inc pada 2005 seharga 3,1 miliar dollar AS. Tahun 2009 eBay menjual sahamnya ke Silver Lake, Badan Investasi Dana Pensiun Kanada, dan Andreesen Howoritz senilai 1,9 juta dollar AS secara tunai dan sebesar 125 juta dollar AS dengan surat utang. Namun, eBay masih menggempit sepertiga saham Skype.

Tahun 2010 Skype telah mempunyai 124 juta pengguna. Sebanyak 8,1 juta adalah pengguna berbayar. Sebelumnya dikabarkan, Skype juga menjadi perebutan antara Facebook dan Google. (Kontan/Edy Can)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.