Skype Akan Diintegrasikan ke Semua Produk Microsoft

Kompas.com - 11/05/2011, 09:36 WIB
EditorTri Wahono

NEW YORK, KOMPAS.com - Tidak hanya 7 miliar dollar AS seperti dirumorkan, tapi 8,5 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 72 triliun yang dikeluarkan Microsoft untuk mengakuisisi Skype. Ini tercatat sebagai nilai akuisisi terbesar yang pernah dilakukan Microsoft.

Begitu besar ambisi Microsoft untuk menguasai Skype. Bahkan, harus bersaing dengan Google dan Facebook yang dikabarkan juga tertarik membeli Skype. Kira-kira apa alasan di balik ini semua?

"Skype adalah layanan fenomenal yang disukai jutaan orang. Bersama-sama kami dapat menciptakan masa depan komunikasi real time sehingga orang dapat dengan mudah saling terhubung baik di antara anggota keluarga, teman, klien, dan kolega di manapun di sleuruh dunia," itulah alsan yang dikemukakan Steve Ballmer, CEO Microsoft saat mengumumkan akusisi tersebut, Selasa (10/5/2011) di San Francisco, AS.

Skype selanjutnya akan menjadi unit bisnis baru di Microsoft. CEO Skype Tony Bates tetap dipertahankan. Namun, ia kini mendapat jabatan baru Presiden Microsoft Skype Division dan akan bertanggung jawab langsung kepada Steve Ballmer.

"Di Microsoft kami melihat kesempatan besar untuk bersama-sama menyediakan semua yang diinginkan setiap orang dalam satu layar. Kami berkomitmen mengoptimalkan Skype ke TV dengan XBox, untuk ponsel, dan untuk PC," ujar Steve Ballmer didampingi Tony Bates.

Membeli Skype memang menjadi jalan buat Microsoft untuk menjadi nilai tambah untuk meningkatkan lagi image software buatannya. Dalam waktu bersamaan sekaligus mengambil peluang di industri smartphone yang sedang berkembang pesat. Meski Windows masih mendominasi pasar software komputer, produk Microsoft lainnya seperti Bing dan smartphone berbasis Windows Phone masih jauh ketinggalan dengan para pesaingnya.

Saat ini, Microsoft memang punya layanan semacam Skype yakni Windows Live, namun popularitasnya jauh lebih kecil. Skype sendiri telah digunakan sekitar 170 juta orang di seluruh dunia dan lintasplatform. Jadi melakukan telepon internet dari smartphone seperti iPhone ke komputer bermerek Dell sudah tak ada halangan lagi. Belum lagi, saat Skype masuk menjadi platform komunikasi para pengguna XBox saat bermain game atau menjadi platform komunikasi di software untuk perusahaan. Apa saja terobosan yang akan dilakukan Microsoft dan Skype? Tunggu saja.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.