Katapedia.com Sediakan Tools Memonitor Merek

Kompas.com - 11/05/2011, 17:08 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Bursaide.com meluncurkan Katapedia.com. Ini merupakan online media monitoring yang ditujukan untuk memantau brand-brand dan perusahaan di dunia maya.

"Dengan software ini diharapkan perusahaan/organisasi bisa melakukan tracking terhadap pembicaraan apapun terkait dengan mereka di Internet secara real time. Dan seluruhnya ditampilkan dalam bentuk grafik yang mudah difahami secara cepat," kata Deddy Rahman, selaku pengusung ide Katapedia.com dalam rilis persnya.

Saat ini, tools yang dikembangkan Katapedia.com memang masih digunakan untuk kalangan pengguna terbatas. Namun, tim R&D Katapedia.com sedang mempersiapkan fitur-fitur yang lebih canggih lagi, terutama untuk menampilkan analisis-analisis yang berbasis Social Media (Facebook & Twitter) dengan menerapkan teknologi Semantic Web (Web 3.0) yang sedang berkembang.

Beberapa fitur yang dimiliki Katapedia.com antara lain; Mention Analysis, MediaShare Analysis, SocialMedia Analysis dan Sentiment Analysis. Sentiment Analysis menggunakan 2 metodologi: Artificial Neural Network & Naive Bayes. Keakuratan metodologi bisa diklaim mencapai 75 persen. Dan ini akan terus-menerus ditingkatkan.

"Diluncurkannya Katapedia.com merupakan sebuah komitmen Bursaide.com untuk bisa mendanai ide-ide brilian masyarakat Indonesia. Rata-rata, kami akan mendanai 2 ide bisnis dari 100 ide yang masuk, sekarang baru 71 ide dan sudah 2 ide kita danai dan 2 lagi sedang kami kaji," kata Muhaimin Iqbal, pendiri Bursaide.com.

Bursaide.com adalah portal komunitas inovator yang ingin mewujudkan ide-nya. Bursaide.com menjaring ide-ide dari masyarakat Indonesia yang memiliki nilai bisnis dan sosial. Bursaide.com dikelola langsung oleh Muhaimin Iqbal bekerja sama dengan lembaga-lembaga keuangan khususnya Syariah. Sampai sekarang sudah 71 ide masuk ke Bursaide.com, 2 ide sudah didanai, dan 2 ide sedang dalam proses seleksi. Dari 2 ide yang telah didanai tersebut, Bursaide.com telah membantu sebanyak 201 orang untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Deddy melempar ide Katapedia.com ke Bursaide.com awal tahun 2011 dan sekarang ide ini sudah terealisir dan siap masuk ke pasar.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X