Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Video Games Picu Nyeri Persendian

Kompas.com - 30/05/2011, 15:15 WIB

Kompas.com - Nyeri pada jari-jari, pergelangan tangan dan persendian kini semakin sering dialami anak-anak dan remaja, terutama mereka yang hobi bermain video games dan mengirim pesan melalui SMS.

Hal itu terungkap dalam penelitian yang dilakukan terhadap 257 anak usia 9-15 tahun di dua sekolah di St.Louis Amerika Serikat. Para peneliti ingin mengetahui efek penggunaan gadget seperti Xbox, Gameboy atau ponsel pintar iPhone. Para siswa diwawancara mengenai tipe gadget yang dipakai, durasi pemakaian dan apakah mereka menderita rasa nyeri atau tidak.

Anak-anak yang suka bermain video games ternyata lebih sering menderita nyeri yang intens pada jari dan pergelangan tangan dibanding dengan penggunaan ponsel. Makin lama durasi permainan games, makin sering mereka merasakan nyeri.

Sementara itu pada pengguna ponsel, berat ringannya intensitas nyeri sangat terkait dengan jumlah pesan yang diketik dan jenis keyboard ponsel. Pada pengguna ponsel, remaja putri dilaporkan yang paling sering mengalami nyeri jari tangan dibanding laki-laki.

Sayangnya dalam penelitian yang dipresentasikan dalam kongres European League Againts Rheumatism di London ini tidak dijelaskan jenis gangguan sendi apa yang paling sering dialami dan efeknya pada kesehatan mereka di masa datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com