Padfone, Tablet yang Dilengkapi Smartphone

Kompas.com - 30/05/2011, 21:56 WIB
EditorTri Wahono

TAIPEI, KOMPAS.com - Jelang sehari pembukaan pameran Computex 2011, Senin (30/5/2011), Asus meluncurkan inovasi produk-produk terbarunya. Salah satu yang menarik perhatian adalah Padfone, tablet yang dilengkapi smartphone.

Padfone merupakan kombinasi tablet dan smartphone. Dalam perkenalan perdananya, Chairman Asus Jonney Shih mendemonstrasikan bagaimana keunikan perangkat tersebut. Di panggung, tampak sebuah tablet berlayar 10,1 inci dan tiba-tiba dari bagian belakangnya, ia mengambil sebuah smartphone berlayar 4,3 inci.

Konsepnya memang memadukan smartphone dan tablet tapi bukan dalam perangkat tunggal. Tim desain Asus merancang bagian belakang tablet tersebut agar bisa menjadi dock atau tempat dudukan untuk menyambungkan smartphone pasangannya. Idenya didasari banyak pengguna tablet dengan koneksi WiFi saja yang sulit mengakses internet jika tak menemui hotspot.

Nah, dengan ada smartphone yang bisa terhubung ke jaringan seluler, tinggal gabungkan untuk mengakses internet. Saat smartphone digabungkna, tampilan layarnya pun langsung muncul dengan ukuran lebih besar di layar tablet secara otomatis. Kekuatan baterai smartphone pun jadi lebih awet dengan digabungkan ke tablet. Kini menerima telepon pun bisa dilakukan dengan tablet.

"Melawan arus dan keluar dari status quo adalah kunci sukses kami, dan kami berusaha keras memberikan pengalaman yang jauh di atas ekspektasi konsumen," kata Shih dalam pernyataan resminya.

Selain memperkenalkan Padfone, Asus juga memamerkan sejumlah perangkat baru lainnya. Antara lain Eee PC X101 generasi terbaru Eee PC dengan sistem operasi MeeGo maupun Windows 7. Lini produk tablet juga ditambah dengan Eee Pad MeMO 3D, berlayar 7 inci dengan sistem operasi Honeycomb dan mendukung stylus.

Di kategori notebook, diperkenalkan Asus seri UX yang mengandalkan desain stylish berketebalan hanya 17 mm, casing aluminium ringan, dan dilengkapi prosesor Intel Core i7. Teknologi SonicMaster yang dikembangkan bersama Bang & Olufsen kini pun digunakan di notebook seri N terbaru. All in one PC terbaru dari Asus seri ET2700XVT dengan layar HD 27 inci. Ajang Computex 2011 juga jadi arena memamerkan perangkat navigasi game berbasis gerakan WAVI Xtion yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman bermain game di PC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.