Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SoundHound, Aplikasi Jenius untuk Penggemar Musik

Kompas.com - 06/06/2011, 06:43 WIB

KOMPAS.com - Anda penggemar musik? Tahu lirik lagu tapi lupa judul dan nama penyanyinya? Atau Anda hanya ingat nadanya, tapi lupa liriknya? Unduhlah aplikasi SoundHound yang jenius di iPad, iPhone, iPod touch Anda.

Aplikasi seharga 6,99 dollar AS ini dapat mengenali musik dan lagu yang Anda nyanyikan di dekat iPad Anda setelah Anda tekan "tap here". Sebaiknya Anda menyanyikan lagu sampai batas waktu yang ditentukan, tak sampai satu menit.

Kompas.com mencoba berulang kali mengetes kemampuan SoundHound. Jika kita menyanyikan sebuah lagu dengan tepat (termasuk lekukan nada dan suaranya), SoundHound lebih cepat mengenali judul lagu dan nama penyanyinya. Demikian halnya ketika kita hanya mendendangkan lagu (tanpa menyuarakan liriknya), SoundHound menebaknya dengan cerdas.

SoundHound menyebut judul lagu, penyanyi atau grup band yang membawakan, termasuk liriknya. Benar-benar aplikasi yang jenius. Jika ada beberapa penyanyi yang pernah populer menyanyikan lagu itu, nama-nama penyanyi lainnya juga ada dalam daftar.

Kita bisa mencoba menyanyikan lagu dari awal ataupun dari "refrain". SoundHound tetap dapat mengenalinya asalkan lekukan nada lagunya tepat.

Wajar jika Billboard memberikan penghargaan Billboard Music App Awards pada Oktober 2010 lalu pada SoundHound.

Aplikasi ini bekerja di iPad, iPhone, iPod touch generasi pertama, kedua, ketiga. Jangan khawatir,. aplikasi ini juga bekerja pada Android. Koneksi jaringan internet yang cepat dengan WiFi dan 3G, mempercepat SoundHound mengenali lagu-lagu.

Rekomendasi Kompas.com: jika Anda penggemar musik, Anda harus memiliki aplikasi SoundHound pada device Anda. (Robert Adhi Ksp)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com