Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Jual-Beli "Online" Melalui eBay

Kompas.com - 06/06/2011, 16:30 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Belanja online semakin dilirik dengan alasan mudah dan praktis. Bahkan kini situs atau toko online juga bertebaran. Penggagas diet utang dalam Oprah Show Ellie Kay menuliskan tips belanja dan menjual melalui eBay dalam bukunya 1/2 Price Living.

Pada tahun 2004, jelas Kay, lebih dari 100.000 orang memperoleh penghasilan penuh waktu melalui eBay. Anda pasti terkejut ketika melihat nilai yang diberikan oleh penawar ketika menawar sebuah barang "buangan" (yang mungkin mereka sebut "barang koleksi"). Berikut beberapa tip yang harus diingat saat jual-beli online dengan eBay.

Tips untuk pembeli eBay
Sejarah. Periksa latar belakang penjual sebelum Anda membeli. Jika orang lain tidak puas dengannya, tinggalkan saja.

Biaya akhir. Jika biaya prangko, pengiriman, dan asuransi tidak tertulis, tanyakan.

Riset. Bandingkan harga dengan cara mencari barang yang sama. Kay menyontohkan untuk konteks di Amerika, perbandingan harga bisa dengan mengakses www.froogle.com. Setelah membandingkan harga, berikan penawaran.

Pengalaman. Beli beberapa barang untuk mendapatkan pengalaman sebelum Anda mulai menjual sehingga Anda dapat mendapatkan nilai tinggi, baik sebagai pembeli maupun penjual.

Tips untuk para penjual eBay
Biaya online.
Jumlahkan semua biaya ke dalam harga yang Anda minta. Akan ada biaya pendaftaran, biaya akhir, dan biaya pembayaran ketika Anda menerima pembayaran secara online.

Turbo lister. Gunakan piranti lunak cuma-cuma untuk mempercantik daftar produk, layout, judul, gambar, dan biaya.

Foto. Berinvestasi (atau pinjam) sebuah kamera digital yang baik. Sering kali dibutuhkan beberapa gambar untuk menampilkan sebuah barang dengan baik. Pastikan apakah lebih dari foto yang pertama gratis. Anda mungkin harus membayar sejumlah biaya untuk foto tambahan.

Harga dan durasi. Tentukan berapa lama penawaran Anda akan berlangsung, jumlah barang yang ada dalam kelompok produk Anda, serta harga awal. Jangan mulai mencantumkan harga barang dengan harapan mendapatkan lebih banyak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.