Chat "Ranum" Lintas Platform - Kompas.com
APLIKASI CHAT MANGGA

Chat "Ranum" Lintas Platform

Kompas.com - 07/06/2011, 16:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM - Mangga, nama ini sangat familiar buat telinga kita, orang Indonesia. Bagi pecinta telekomunikasi lewat chat, bisa berarti lain. Ya, ini dia pilihan chat multiplatform. Artinya, dengan Mangga, Anda sekarang bebas ber-texting ke berbagai jenis brand ponsel. Termasuk pemilik BlackBerry yang selama ini memakai BlackBerry Messenger, misalnya. "Sekarang sudah ada juga untuk ponsel Nokia dan Nexian," ujar John Davies, President/CEO MailSite dan AstraSync, perusahaan yang selama ini sudah menyediakan berbagai aplikasi seperti Exchange ActiveSync untuk BlackBerry.

Mangga sendiri tak hanya menawarkan chatting, namun juga email. Sebagai user name tidak memerlukan use ID ataupun PIN. Mangga memanfaatkan nomor ponsel sebagai identitas. Maka ketika Anda sudah aktifkan aplikasi ini, secara otomatis ia akan mendeteksi daftar teman di buku telepon Anda - yang kebetulan sudah memakai aplikasi ini. Artinya, Anda tak perlu lagi mengundang teman jika tak perlu.

Mangga juga memberikan fasilitas untuk saling berbagi foto dan video melalui format chat. Sementara itu, jika hendak berkirim data lewat email, Anda bisa segera mengirim ke nomor telepon tujuan (misalnya 0812888XXX@mangga.me). Untuk selanjutnya dilakukan sinkronisasi ke perangkat. 

Barangkali Anda teringat oleh aplikasi WhatsApp yang metodenya lebih kurang sama. Namun, hati-hati, kalau Anda tak sadar, WhatsApp bisa menyedot pulsa. Apalagi jika Anda tak menggunakan paket unlimited data. Lain cerita dengan Mangga. Saat ini, Mangga sudah "bergandengan tangan" dengan Telkomsel. Untuk memperolehnya, Anda bisa mengirim SMS ke nomor 2470. Mangga diberikan secara gratis selama satu minggu sejak pemakaian.

Cara berlangganannya mudah saja. Tersedia tiga paket pilihan, antara lain harian, mingguan, dan bulanan. Tarifnya murah meriah. Ketik: REG<spasi>1 untuk paket harian yang sebesar Rp 2.000,-. Atau ketik: REG<spasi>7 buat paket mingguan seharga Rp 10.000,- dan ketik: REG<spasi>30 untuk paket bulanan senilai Rp 35.000,-. Harga ini memang belum termasuk pajak. Tapi selanjutnya tak ada biaya lain-lain untuk memanfaatkan aplikasi ini. Yang jelas, tak perlu berlangganan tarif data unlimited untuk menikmatinya.

Selanjutnya ketika Anda sudah memperoleh SMS balasan yang berisi password, dapat Anda gunakan untuk mengunduh aplikasi. Ketika akan menjalankan aplikasi, caranya sangat mudah, masukkan nomor ponsel, lalu password. Tunggu proses verifikasi berlangsung. Berikutnya Anda sudah bisa memakai untuk chat dan keperluan lain.

Fitur Mangga meliputi pengaturan status, memperbaharui profil, membuka browser, menggunakan emotikon, pembuatan avatar, hingga layanan email.

Meski baru tersedia untuk pelanggan Telkomsel, namun John mengaku akan membuka peluang untuk pelanggan operator lain. Bahkan di masa mendatang Mangga diharapkan akan menjadi "jembatan" bagi pengguna untuk saling terhubung dengan sesama pengguna dalam satu komunitas. "Mangga bisa menciptakan komunitas di kota-kota seperti Bandung, Surabaya, agar mereka bisa saling berkomunikasi," tambah Igusti Manik, CEO PT Rockliffe Indonesia, yang menangani aplikasi ini.

Jika Anda ingin bukti lebih jelas tentang aplikasi ini, silakan hadir di ajang Indonesia Cellular Show (ICS) 2011 yang akan berlangsung di JCC pada 8 - 12 Juni. Mangga memang ingin menciptakan sebuah moda telekomunikasi teks yang lebih demokratis. (ANDRA/FORSEL)

 

 

 

 


Editorvaksiandra

Close Ads X