Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hauraa, Kartu Seluler Berbasis Syariah

Kompas.com - 08/06/2011, 15:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler PT XL Axiata Tbk meluncurkan "Hauraa" yang diklaim kartu seluler pertama berbasis syariah di Indonesia. Semua kontan yang ditawarkan melalui kartu ini sudah direkomendasikan Majaleis Ulama Indonesia (MUI).

"Melalui kartu Hauraa ini, kami menawarkan layanan khas lengkap dengan konten-konten yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat muslim baik dari sisi religi, maupun gaya hidup modern," kata Direktur Commerce XL, Nicanor V Santiago III, di sela peluncuran Hauraa di Jakarta, Selasa (7/6/2011) kemarin.

Menurut Nicanor, Hauraa merupakan hasil inovasi yang dilakukan PT Hauraa Arzuda Media Kartu. Kartu seluler syariah ini memliki sejumlah nilai tambah sesuai nilai-nilai Islami. Melalui kartu ini, pelanggan antara lain akan mendapatkan konten-konten yang bernilai silaturahim antara ulama dan jamaahnya, pengembangan wirausaha, dan pemberdayaan pengangguran.

Selanjutnya, jaringan ekonomi Islam, penyempurnaan rukun jual beli dalam transaksi dagang, nilai kepedulian sosial serta kemandirian ummat, dan tempat ibadah. Sementara itu, CEO Hauraa Arzuda Media, Ann Gusnayati Thaib, mengatakan, Hauraa tidak hanya sekedar kartu berkonten Islami yang lazim beredar selama ini di tanah air.

"Produk ini merupakan sarana mobile dalam memperoleh referensi gaya hidup Islami yang dapat dipergunakan untuk telepon, SMS, dan akses data yang murni berbasis syariah," kata Ann.

Untuk menjaga kemurnian prinsip syariah ini, kelompok perusahaan Arzuda Group ini telah mendapat rekomendasi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Pengolahan materi konten Islami di Hauraa melibatkan para tokoh alim dan ulama kharismatik dari Sabang sampai Merauke, seperti SMS Ulama Nusantara.

Klip Inspirasi yang berisi kumpulan video klip dan panduan ibadah serta lantunan ayat-ayat suci alquran Braille atau Pustaka Islami berisi buku dan novel Islami yang dapat diunduh melalui layanan data.

Tarif ekonomis

Kartu perdana Hauraa bisa didapatkan dengan harga Rp 8.000 per unit, sudah termasuk pulsa Rp 5.000 dengan masa aktif selama 25 hari, serta masa tenggang selama 20 hari. Dengan mengaktifkan kartu perdana Hauraa, pelanggan akan mendapatkan 1 SMS Ulama Nusantara setiap hari dari ustadz favorit pilihan pelanggan.

Tarif yang dikenakan cukup ekonomis baik untuk voice, SMS, maupun data. Pelanggan akan mendapatkan gratis menelepon ke dua nomor Hauraa lainnya, gratis 99 menit nelpon ke sesama Hauraa dan XL, 99 SMS ke semua operator, dan 9 menit internet setelah 2 menit nelpon ke Hauraa dan nomor XL.

Pelanggan juga masih akan mendapatkan harga spesial untuk konten Islami Rp 999 (termasuk pajak dan seminggu pertama gratis), RBT Irama Therapy (seminggu pertama gratis). Umroh Ramadhan untuk 3 pengguna terbanyak (sampai 31 Desember 2011). Khusus untuk fasilitas gratis nelpon ke dua nomor Hauraa lainnya baru bisa dinikmati pelanggan mulai bulan Juli 2011.

Hauraa yang diambil dari bahasa Arab bermakna bidadari bermata jeli ini, tersedia di sejumlah gerai layanan seperti jaringan ritel syariah, jaringan komunitas muslim serta sekretariat masjid dan mushola yang tersebar di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com