Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IDC: Windows Phone Lampaui iPhone pada 2015

Kompas.com - 13/06/2011, 15:00 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Aliansi strategis antara Microsoft dan Nokia untuk mengembangkan Windows Phone sebagai platform smartphone diperkirakan bakal sukses. Pangsa pasar Windows Phone diprediksi terus meningkat dan akan melampaui iOS yang digunakan iPhone buatan Apple pada 2015.

Lembaga riset IDC dalam laporan survei terakhirnya menyatakan bahwa pada 2015 pangsa pasar Windows Phone sebesar 20,3 persen. Sementara iOS hanya 16,9 persen. Pangsa pasar terbesar masih akan digenggam Android dengan 43,8 persen.

Perkiraan pangsa pasar Windows Phone tersebut cukup mengejutkan mengingat sampai akhir tahun ini, IDC memprediksi Windows Phone hanya menguasai 3,8 persen. Android di peringkat pertama dengan 38,9 persen, disusul Symbian dari Nokia 20,6 persen, kemudian iOS 18,2 persen.

Masih masih menjadi pemegang pangs apasar terbesar kedua, Nokia telah memutuskan untuk tidak lagi fokus mengembangkan Symbian dan beralih ke Windows Phone. Meski demikian, dukungan terhadap pengembangan Symbian masih akan dipertahankan setidaknya sampai 2016.

IDC memperkirakan sebanyak 1 miliar perangkat smartphone akan didistribusikan pada 2015 atau lebih dari dua kali lipat tahun ini yang diperkirakan baru 472 juta unit. Turunnya harga per unit handset dan ongkos akses data yang semakin murah mendorong permintaan smartphone di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com