Gempa Bumi

Jaringan XL di Tapanuli Utara Aman

Kompas.com - 15/06/2011, 17:17 WIB
EditorTri Wahono

MEDAN, KOMPAS.com - Ratusan rumah penduduk rusak, termasuk rumah ibadah dan sekolah, akibat guncangan gempa berkekuatan 5,5 SR, Selasa pagi (14/6/2011) di Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Gempa yang sempat terjadi sebanyak dua kali ini terjadi pada pukul, 07.10 WIB dan pukul 10.01 WIB, sempat membuat panik warga dan memaksa ribuan jiwa mengungsi di tenda-tenda.

GM Network Northern dan Central Sumatera PT XL Axiata Tbk (XL), Frenky Tobing mengatakan, terkait pascagempa yang menggguncang Taput dan sekitarnya, jaringan XL tetap aman untuk berkomunikasi. Sebanyak 116 BTS XL yang tersebar di seluruh Kabupaten Tapanuli masih tetap normal dan siap melayani seluruh pelanggan dari mulai panggilan hingga SMS.

"Jaringan XL masih dapat di nikmati dengan baik oleh seluruh pelanggan di Taput dan sekitarnya. Walaupun aliran listrik sempat padam setelah gempa, namun tidak mempengaruhi jaringan, BTS XL tetap on air setelah di back up dengan genset," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Sejak Rabu (15/6/2011) pagi, lanjut Frenky, team network saat ini masih terus berjaga-jaga dan memonitor setiap BTS yang ada kawasan Tapanuli, khusunya sekitar lokasi gempa di Kecamatan Pahaejae. Menurutnya, sempat terjadi lonjakan trafic panggilan dan SMS pada saat pasca gempa, namun tidak sampai membuat jaringan terganggu. "Trafik sempat melonjak tapi jaringan kita tetap stabil. Pelanggan tetap bisa menelpon menggunakan jaringan XL dengan nyaman," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.