Logo Google Rekonstruksi Gerhana Bulan

Kompas.com - 16/06/2011, 08:23 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sempat menyaksikan gerhana bulan total Kamis (16/6/2011) dini hari? Jangan khawatir, banyak fotografer yang membagikan foto-fotonya di berbagai situs umum maupun astronomi. Rekaman video juga banyak yang membuatnya dan disebar di internet.

Kalau hanya sekadar ingin merekonstruksi seperti apa penampakan bulan selama proses gerhana terjadi, Google pun menyediakannya. Logo Google yang direkayasa atau biasa disebut Doodle menyajikan proses gerhana dalam bentuk animasi.

Huruf O kedua dalam tulisan di logo Google diganti dengan gambar bulan. Gambar tersebut merupakan rekaman nyata dari bulan yang diamati menggunakan teleskop Slooh Space Camera. Jika panel di bagian bawah logo digeser secara manual, bentuk bulan berganti-ganti sesuai fase gerhana.

Tampilan bulan dari saat bulan penuh karena purnama, saat bayangan Bumi mulai jatuh di permukaan bulan, sampai saat fase gerhana bulan total sehingga warnanya kemerahan. Foto-foto bulan tersebut di-update setiap saat selama proses gerhana hingga berakhir.

Selama proses gerhana berlnagusng sejak sekitar pukul 01.00 WIB, Google bekerja sama dengan Slooh Space Camera memang menyediakan live streaming di YouTube. Nah, foto-foto bulan selama live streaming itulah yang digunakan dalam Doodle tersebut.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X