Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fujitsu Luncurkan Tiga Komputasi Awan

Kompas.com - 16/06/2011, 22:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Fujitsu meluncurkan tiga penawaran komputasi awan untuk pasar Indonesia, Kamis (16/6/2011), dalam konferensi di Jakarta. Ketiga penawaran itu merupakan bagian dari portofolio Fujitsu Cloud Global, yang akan digelar dalam dua tahun ke depan. Sebelumnya, program ini telah ditawarkan di Singapura dan Malaysia.

"Fujitsu telah berkomitmen mengucurkan hingga 40 juta dollar AS di ASEAN untuk membangun kompetensi dan kemampuan Awan," ujar Achmad S Sofwan, Presiden Direktur Fujitsu Indonesia, dalam konferensi pers di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis.

Tiga penawaran komputasi awan tersebut adalah Fujitsu Global Platform, Fujitsu SAP IaaS, dan Fujitsu Cloud Profesional Services.

Fujitsu Global Platform adalah standar Fujitsu untuk infrastruktur sebagai layanan (Infrastructure-as-a-Service/IaaS) yang disalurkan dari enam lokasi di sleuruh dunia, yakni Singapura, Jepang, Australia, Amerika Serikat, Jerman, dan Inggris. Fujitsu menggabungkan skalabilitas awan publik dan keamanan kelas enterprise serta pengaturan spesifikasi dari awan privat sehingga memudahkan perusahaan multinasional melayani kebutuhan infrastruktur lokal yang tersebar di beberapa lokasi.

Fujitsu SAP IaaS adalah IaaS yang khusus dikembangkan untuk lingkungan SAP. Para pengguna bisa menghemat biaya hingga 30 persen atau lebih, sekaligus memastikan tingkat ketersediaan layanan bisa memenuhi kebutuhan aplikasi mission-critical di seluruh lingkungan SAP.

Fujitsu Cloud Professional Services bertujuan untuk mempersiapkan organisasi dengan memberikan roadmap adopsi komputasi awan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik. Fujitsu secara aktif akan membantu pelanggan mencari dan memahami berbagai perubahan dan peluang dari penerapan komputasi awan, mengkaji beberapa pilihan awan sehingga pelanggan bisa membuat pilihan berdasarkan informasi yang lengkap. Servis ini akan mencakup studi kelayakan awan, program pengenalan awan, desain dan penggelaran awan, edukasi dan pelatihan awan, serta layanan perluasan dan penghantaran.

Ketiga penawaran ini merupakan tambahan dari layanan peranti lunak sebagai layanan (Software-as-a-Service/SaaS) Fujitsu Salesforce.com yang telah diluncurkan tahun lalu. Di ASEAN, Fujitsu telah bekerja sama dengan National Institute of Singapore (NIE) dan SingPost melalui kolaborasi untuk menangani kebutuhan khusus dan mendorong benefit yang terukur dari penerapan komputasi awan. Fujitsu juga bermitra dengan Singapore Technologies Electronics Limited untuk memberikan solusi belajar interaktif di dalam awan. Keterangan lebih lanjut tentang penawaran ini bisa dilihat di situs Fujitsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com