Chromebook Mulai Dijual Minggu Depan

Kompas.com - 17/06/2011, 23:01 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.comNotebook dengan sistem operasi Chrome buatan Google yang disebut Chromebook akhirnya bakal segera tersedia secara komersial. Chromebook pertama yang dibuat Samsung Electronics mulai akan dijual di Amazon.com dan Best Buy Co minggu depan.

Harga Chromebook 3G dibanderol seharga 500 dollar AS per unit. Sementara Chromebook akses koneksi wi-fi saja dijual 430 dollar AS per unit.

Perangkat yang memiliki layar 12,1 inci dan berat 1,5 kilogram (kg) ini dilengkapi dengan dua USB ports dan card reader. Teknologi komputasi awan pun tersedia dalam tablet ini. Samsung mengklaim, ketahanan baterai tablet ini sampai 8,5 jam.

Cara penggunaan Chrome sama dengan browser web. Mengakses dokumen, permainan, bahkan menonton film dijalankan melalui browser. Pengguna dapat memperoleh aplikasi baru yang disesuaikan untuk sistem operasi, termasuk New York Times dan Angry Birds, yang dapat diunduh dari Chrome Web Store online.

Selain Acer, perusahaan komputer yang akan merilis Chromebook dalam waktu dekat adalah Acer. Google belum menginformasikan produsen mana lagi yang akan menyusul. Chromebook merupakan notebook kategori baru yang coba diperkenalkan Google dengan mengusung konsep cloud computing. Semua aplikasi dan data diakses lewat internet sehingga jika notebook hilang, pengguna bisa langsung mengembalikan akses ke konten seperti sediakala dengan perangkat yang baru karena semua data ataupun aplikasi diatur di cloud yang hanya dapat diakses dengan kunci rahasia masing-masing orang. (Kontan/Rizki Caturini)

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorTri Wahono
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X