Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TouchPad HP Bukan Pembunuh iPad?

Kompas.com - 02/07/2011, 13:37 WIB

KOMPAS.com - TouchPad, tablet keluaran Hewlett-Packard (HP) dengan sistem operasi webOS, masuk ke pasar Amerika Serikat, Jumat 1 Juli. Tablet 9,7 inci dual-core ini sepintas mirip iPad 1, namun spesifikasinya lebih dekat dengan iPad 2, Galaxy Tab 10.1 atau Motorola Xoom.

Perbedaan paling mendasar pada sistem operasi yang digunakan TouchPad yaitu webOS. Permata yang didapat HP setelah mengakusisi Palm adalah mendapatkan sistem operasi webOS. Dan webOS sangat ramah saat digunakan di tablet mobile. TouchPad yang dirilis awal bulan ini menggunakan webOS.

Wartawan dan blogger yang memiliki kesempatan mengutak-atik TouchPad, memuji webOS. Kualitas perangkat lunak yang asli dan fitur-fiturnya mirip video chat yang built-in yang dikembangkan Skype.

Harga jualnya sama dengan harga jual iPad2 yaitu 499 dollar AS untuk model 16 GB dengan WiFi dan 599 dollar AS untuk model 32 GB.

HP bukan satu-satunya pembuat tablet yang berjuang untuk dapat bersaing dengan Apple dari segi harga, pembuat tablet Android seperti Samsung, HTC, Motorola, Asus, dan Toshiba yang memproduksi beragam produk tablet, juga bersaing dengan harga iPad.

Sebagai besar ulasan menyebutkan HP yang memiliki gagasan besar, jika diberi waktu yang cukup dan dukungan pengembang, akan mampu berkembang menjadi sesuatu yang indah.

Tablet Android masih butuh waktu untuk membuktikan diri. Sementara RIM gagal menepati janji dalam hal produk tablet Playbook. Ini berarti, meski terlambat masuk, HP bisa menempatkan posisi dalam pertarungan tablet ini. (Mashable/KSP)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com