INOVASI INFORMATIKA

Detektor Malnutrisi Ikut Kompetisi

Kompas.com - 07/07/2011, 04:03 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Pengembangan piranti lunak komputasi berupa detektor malnutrisi pada anak balita diikutkan dalam kompetisi internasional Imagine Cup 2011 yang diselenggarakan Microsoft di New York, Amerika Serikat, 8-13 Juli 2011. Selain itu, piranti lunak komputasi bagi pengontrolan karbon dioksida untuk penumbuhan alga sebagai bahan baku bahan bakar nabati atau biofuel juga disertakan.

”Inovasi teknologi informatika yang diikutkan ke dalam kompetisi Imagine Cup 2011 ini ingin menyumbangkan kontribusi bagi pembangunan kesejahteraan di negara berkembang dalam konteks Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) 2015,” kata Academic Developer Evangelist PT Microsoft Indonesia Julius Fenata, Rabu (6/7), di Jakarta.

Piranti lunak untuk detektor malnutrisi yang disebut ”Childhood” dirancang empat mahasiswa yang tergabung ke dalam Tim Gatotkaca dari Institut Teknologi Telkom dan Institut Teknologi Bandung. Keempat mahasiswa itu, Dody Qori Utama, Arganka Yahya, Kania Audrint, dan Anggunmeka Luhur Prasasti.

”Terdapat 10 manfaat yang bisa diperoleh melalui inovasi piranti lunak ini. Pendeteksian malnutrisi misalnya dengan analisis tinggi dan berat badan dibandingkan dengan usia anak, termasuk menganalisis foto digital air untuk mengetahui kadar dehidrasi anak,” kata Dody.

Menurut dia, piranti lunak itu juga bisa mendeteksi anak balita dengan gejala gangguan liver atau penyakit kuning. Caranya, menganalisasi hasil foto digital pada mata anak balita bersangkutan.

Piranti lunak pengontrol karbon dioksida pada proses penumbuhan alga dirancang empat mahasiswa Universitas Indonesia yang tergabung dalam Tim Makara. Keempat mahasiswa itu adalah Ednaz Hermawan, Alfan Presekal, Reza Bhaskoro, dan Aditya Rinus Pratama Putra.

”Selama ini kita menganggap karbon dioksida penyebab pemanasan global. Akan tetapi, kami bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan alga sebagai sumber biofuel ramah lingkungan,” kata Ednaz. (NAW)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.