Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Next Generation Network

IMS Alcatel Lucent Layani 120 Juta Pelanggan di China

Kompas.com - 07/07/2011, 17:04 WIB

PARIS, KOMPAS.com - China Telecom, operator selular dan fixed wireless China, memulai jaringan berbasis IP (all IP network) atau next generation network dengan mengimplementasikan teknologi Alcatel Lucent. Layanan-layanan multimedia yang menggabungkan berbagai type media-suara, video dan layanan data lainnya-di sebuah platform IP umum dilakukan kepada 120 juta pelanggan di Provinsi Shanghai, Shandong, Jiangsu, Zhejian, Xinjiang, dan Sichuan.

Kontrak yang dijalankan oleh Alcatel-Lucent Shanghai Bell, perusahaan unggulan Alcatel-Lucent di China, ini adalah kontrak komersial penggelaran pertama teknologi IMS (IP Multimedia Subsystem) bagi China Telecom. Proyek ini akan memainkan peran yang signifikan dalam membantu China Telecom meng-evolusi jaringannya dari sistem lamanya-biasa dikenal sebagai PSTN-ke infrastruktur all-IP yang bekerja berdasarkan prinsip-prinsip Internet.

"Proyek dengan Alcatel-Lucent ini, adalah proyek pertama penggelaran IMS komersial berskala besar kami yang merupakan sebuah langkah kritikal dalam transformasi kami menuju sebuah jaringan all-IP yang lebih hemat biaya, dan lebih fleksibel," kata XU Sui, Deputy General Manager of Network Development Dept. di China Telecom dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (7/7/2011).

IM Solution milik Alcatel-Lucent akan membantu China Telecom menyatukan komukasi di fixed, selular dan web, seraya memastikan keamanannya. Kemampuan-kemampuannya meliputi suara, konferensi video, nada sambung (RBT) multimedia, IP Centrex, SIP Push system, CDMA Anchoring dan manajemen terminal. Selain itu, China Telecom dan Alcatel-Lucent akan bekerja sama untuk meningkatkan layanan tingkat lanjut, termasuk kesatuan jaringan untuk buku alamat, kehadiran, multimedia instant messaging (termasuk SMS, text dan video) dan berbagi gambar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com