Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Kembangkan Aplikasi "Mobile Game" Ala Touchten

Kompas.com - 11/07/2011, 16:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam salah satu sesi workshop di IDBYTE yang diadakan hari ini, Senin (11/7/2011), di Blitz Megaplex Pacific Place, Jakarta, pengembang aplikasi berbasis iOS asal Indonesia Touchten berbagi sedikit tips memulai pengembangan mobile game. Anton Suharyo, founder Touchten bercerita bahwa ia memulai bisnis pengembangan aplikasi saat berada di Jepang.

Ia memulai bisnis dengan modal membeli Macbook 110.000 yen atau sekitar Rp 11 juta dan iPhone seharga 60.000 yen. "Kita harus berpikir outside the box," kata Anton menerangkan tips pertama. "Kadang orang berpikirnya adalah siapa pengguna Apple di Indonesia. Padahal, ada banyak yang bisa digarap di luar," tambah Anton.

Dengan menjalankan Touchten, Anton membuktikan bahwa upayanya menuai sukses. Aplikasi buatannya yang diberi judul Sushi Chain dan Free Kick di-download banyak orang. "Free Kick 2 saat itu punya 1000 new user tiap jamnya," ungkap Anton.

Anton juga mengungkapkan bahwa ide dan konsep tidak harus unik, tetapi cukup bisa dijalankan. Hal pendukung lain yang diperlukan menurut Anton adalah keterampilan dan pendukung sound dan grafis. "Impossible adalah suatu ilusi kalau menurut saya," ungkap Anton memberi motivasi.

Jadi, yang harus dilakukan developer menurutnya adalah memantapkan diri dan tetap fokus dalam upaya mengembangkan aplikasi. Anton juga mengajak untuk tak mendengarkan orang yang suka merendahkan.

"Meraka hanya orang yang memang tidak bisa atau orang yang takut ketika kita akhirnya sukses," katanya.

Anton menunjukkan bahwa beberapa orang yang dinilai "gila" ternyata mampu membuktikan keampuhannya. Karenanya, Anton mengatakan, "Indonesia harus punya lebih banyak orang gila sekarang."

Ia mengharapkan, developer mobile game akan terus bertambah baik di platform Apple maupun yang lain seperti Android. Dengan demikian, konten yang dikembangkan oleh developer lokal bisa makin mendominasi.

Selain mengembangkan Sushi Chain dan Free Kick, Touchten juga mengembangkan aplikasi Hachiko yang dalam 7 hari pertama berhasil didownload 30.000 user. Touchten juga mengembangkan aplikasi buku digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com