PENGADILAN WIKILEAKS

Assange Terus Berjuang Hindari Ekstradisi

Kompas.com - 13/07/2011, 04:34 WIB
Editor

LONDON, SELASA - Pendiri situs pembocor Wikileaks, Julian Assange, muncul di Pengadilan Tinggi Inggris di London, Selasa (12/7), untuk menyampaikan pembelaannya.

Assange, dengan memakai jas abu-abu, kemeja putih, dasi biru, dan berkacamata, memulai upaya bandingnya itu untuk menghadapi ancaman ekstradisi yang sampai sekarang masih terus dihadapinya.

Assange terancam diekstradisi dan diadili di pengadilan Swedia atas tuduhan pemerkosaan. Dua perempuan Swedia mengadukannya ke polisi dengan tuduhan pemerkosaan dan pelecehan seksual.

Upaya banding terus ditempuh pria, yang pada 3 Juli lalu berusia 40 tahun. Februari lalu hakim pengadilan di tingkat sebelumnya menolak argumen pembelaan Assange yang meminta tidak diekstradisi ke Swedia.

Assange menolak diekstradisi dan diadili di Swedia karena khawatir dengan keselamatan jiwanya. Selain itu, dia juga mengaku tidak yakin akan memperoleh peradilan yang adil.

Pengadilan Assange kali ini masih terus menarik perhatian publik dan banyak media massa. Namun, dia menolak menjawab pertanyaan para jurnalis yang dilontarkan bertubi-tubi.

Selain jurnalis, persidangan juga diramaikan sejumlah pendukung Assange, yang menyemangatinya agar terus berani melawan ”Kekaisaran Amerika Serikat”.

Mantan peretas komputer itu selama ini hidup dalam kondisi penjaminan yang ketat dari pengadilan. Ia diharuskan mengenakan emblem elektronik di pergelangan kakinya dan menjalani aturan jam malam.

Sejak Desember lalu Assange tinggal di mansion milik salah seorang temannya di kawasan timur Inggris.

Sidang dengar pendapat dijadwalkan berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu, yang dihadiri dua hakim. Keputusan diharapkan sudah keluar pada Kamis besok.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X