Gaet Investor dengan "Business Plan Online"

Kompas.com - 13/07/2011, 16:28 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - MEKAR Entrepreneur Network, unit bisnis dari Putera Sampoerna Foundation berupaya menaikkan kelas para wirausahawan muda Indonesia. MEKAR menjembatani wirausahawan agar bisa bertemu dengan angel investor. Salah satu caranya adalah menampilkan business plan melalui website MEKAR, agar wirausahawan bisa "menjual" bisnisnya, dan angel investor bisa memilih usaha mana yang sesuai dan bisa didukungnya.

Charles Nagy, Direktur MEKAR, menjelaskan dalam business plan harus tertulis dengan jelas kebutuhan dana yang diperlukan usaha tersebut. Termasuk dana pribadi yang ditanamkan dalam rencana bisnis tersebut. Tuliskan dengan jelas catatan penjualan, keuntungan, dari bisnis tersebut. Termasuk juga jumlah karyawan, dan jumlah utang jika memang ada utang yang harus dibayarkan oleh bisnis tersebut. "Masukkan kontribusi dana dari pribadi untuk usaha tersebut. Ini menunjukkan keseriusan Anda dalam berbisnis," kata Nagy dalam acara diskusi media di Jakarta.

Cara praktis
Jika bingung bagaimana cara menuliskan business plan yang baik, MEKAR memfasilitasi wirausahawan untuk membuatnya lebih praktis melalui template yang sudah disiapkan. Sebelumnya, daftarkan diri Anda dalam keanggotaan komunitas online MEKAR tanpa dipungut biaya. Selanjutnya Anda bisa mempromosikan business plan melalui MEKAR.

"Ada beberapa pilihan yang disediakan melalui website MEKAR. Jadi bisa membuat business plan dengan menggunakan template yang sudah ada, bisa juga mengirimkan business plan buatan sendiri ke MEKAR untuk ditampilkan di website guna menarik investor," jelas Nagy.

Posting
Business plan dari wirausahawan bisa didaftarkan gratis melalui website MEKAR. Namun untuk mempostingnya agar investor bisa melihat dan memilih, dibutuhkan biaya Rp 1 juta untuk posting business plan melalui MEKAR.

Penyaringan

"Ada 11 area yang diperhatikan MEKAR dalam menyaring business plan yang dikirimkan wirausahawan. Di antaranya rencana keuangannya, keunikan produknya, pengalaman berbisnis, keuntungan dan penjualan bisnisnya, serta sejumlah faktor lain," kata Nagy menambahkan, sebaiknya jangan terlalu kompleks dalam membuat business plan.

MEKAR akan melakukan penyaringan atas business plan yang didaftarkan. Bahkan MEKAR akan memberikan saran dan rekomendasi untuk memperbaiki business plan yang dinilai kurang "menjual", dengan ketentuan tertentu.

Coaching
Fasilitas lain yang juga disediakan MEKAR adalah coaching membuat business plan yang baik. "MEKAR membuka kesempatan kepada wirausahawan untuk mengikuti coaching business plan dengan biaya Rp 2 juta," tuturnya.

Pitching
Buat business plan yang jelas. Apalagi jika wirausahawan merepresentasikan business plan di pitching forum yang digelar rutin oleh MEKAR dengan mempertemukan wirausahawan dengan angel investor. Melalui pitching forum ini, wirausahawan berkesempatan mempresentasikan usahanya dalam waktu tiga menit di hadapan para angel investor.

Agar bisa menguasai forum dalam waktu singkat, MEKAR juga menyediakan jasa coaching pitching kepada wirausahawan.

Pendaftaran anggota MEKAR:
http://www.mekar.biz/join



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X