Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Guinness World Series of Pool 2011

Yukio Berjuang untuk Korban Gempa dan Tsunami

Kompas.com - 15/07/2011, 17:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Master biliar nomor dua dunia, Akagariyama Yukio, punya misi lain di ajang Guinness World Series of Pool 2011 (GWSOP 2011). Ketika para pesaingnya berusaha memperebutkan total hadiah utama senilai 100.000 dollar AS (setara Rp 852 juta) dan meraih posisi puncak sebagai master biliar yang diakui dunia, pebiliar nasional dan internasional Jepang ini justru ingin berjuang membantu negara asalnya yang terkena musibah gempa bumi dan tsunami beberapa waktu lalu.

Mengenakan badge bertuliskan "Hope for Japan", Yukio terus berjuang melewati babak seleksi Grand Final GWSOP.

"Menjadi impian bagi semua pebiliar untuk menjadi World Champion. Kehormatan tersebut berarti pengakuan dunia terhadap kemampuan saya. Namun selain itu, saya juga berharap bahwa dengan melihat perjuangan saya dalam turnamen internasional ini, seluruh dunia akan tergerak untuk turut membantu masyarakat Jepang," tutur Yukio seusai bertanding dengan Rico Herman dari Indonesia pada hari kedua perhelatan ini.

"Total hadiah utama 100.000 dollar AS yang disediakan Guinness untuk Guinness World Series of Pool 2011 ini akan sangat membantu memperbaiki kondisi Jepang yang sedang terpuruk karena musibah tersebut. Saya bertekad untuk memenangkan turnamen biliar ini dan mendonasikan seluruh kemenangan saya tersebut bagi masyarakat saya melalui Japanese Earth Quake Relief Fund. Saya sangat bangga dapat berbuat sesuatu untuk negara saya, dan Guinness World Series of Pool memberikan saya kesempatan itu," lanjut Yukio.

Yukio mengalahkan pebiliar Indonesia, Lamhot Sinaga, pada putaran pertama Grand Final GWSOP hari pertama dengan skor 6-1. Pada hari kedua, ia kembali melawan pebiliar Indonesia, Rico Herman, dan menang 6-3.

"Lamhot dan Rico merupakan lawan yang hebat, dan saya beruntung dapat menang dari mereka berdua. Namun, kemenangan saya ini tidak boleh membuat saya lengah karena perjalanan masih sangat panjang untuk menjadi juara Guinness World Series of Pool–10 Ball Challenge 2011 ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com