BII Siap kelola e-money Operator Seluler

Kompas.com - 17/07/2011, 21:11 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Internasional Indonesia (BII) Tbk, sedang bernegosiasi dengan sejumlah operator telekomunikasi seluler untuk kelola e-money. Bank akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan uang tersebut. Dengan demikian, masyarakat atau pelanggan operator telekomunikasi tidak perlu membuat rekening di bank.

"Misalkan, kamu ada (uang) Rp 100 ribu ya, kamu mau ngambil untuk belanja Rp 50 ribu. Kita dari bangking lempar (nominal uangnya) ke operator. Operatornya jawab, ya saya punya uang nggak e-money-nya. Lalu saya (bank) bayar," Direktur Perbankan Konsumer BII, Stephen Liestyo, dalam BII Journalists Training 2011, di Yogyakarta, Sabtu (16/7/2011).

Rencana ini dapat berjalan, lanjut dia, asal operator mau bekerja sama dengan bank. "Kita belum. Tapi kita sudah mulai main mata-lah," jawabnya ketika ditanyai sudah sampai mana proses kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi mengenai pengelolaan e-money.

Ia pun menambahkan, dari Bank Indonesia (BI) sendiri sudah mulai ada dorongan untuk membentuk aturan mengenai hal ini. Ia menilai kerjasama dengan operator telko menjadi penting mengingat potensi customer base dan aksesnya yang besar. Ia pun menyebutkan ada potensi kekayaan sebesar 93 miliar dollar AS dari pelanggan operator telekomunikasi yang belum digarap baik oleh bank dan telekomunikasi sendiri terkait e-money.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.