Video Game

Edarkan Nintendo Wii Modifikasi, Kakak Beradik Ditangkap

Kompas.com - 19/07/2011, 21:00 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

KOMPAS.com — Kakak beradik Tomonori Sato (32) dan Takaharu (28) diamankan petugas kepolisian dari Prefektur Fukuoka di Jepang, Kamis (14/7/2011), karena kedapatan menjual perangkat video game Nintendo Wii. Di mana kesalahannya? Rupanya mereka menjual Nintendo Wii modifikasi sehingga diduga telah melanggar undang-undang mengenai hak cipta.

Dikutip dari Mainichi Shimbun, Tomonori dan Takaharu dicurigai telah menjual tiga unit Nintendo Wii kepada pembeli laki-laki di Prefektur Fukuoka dan memperoleh 90.000 yen atau sekitar Rp 10 juta dari sana.

Transaksi yang ditengarai berlangsung pada Desember 2010 hingga Februari 2011 itu dianggap ilegal karena sebelumnya tiga unit Nintendo Wii itu sudah dimodifikasi programnya sehingga bisa menjalankan permainan bajakan.

Kakak beradik itu berbagi tugas dalam menjalankan usaha pemesanan melalui katalog itu. Tomonori bertindak sebagai presiden perusahaan, sedangkanTakaharu sebagai karyawan.

Dari penuturan pihak kepolisian, aksi kakak beradik ini lebih merajalela sebelumnya dengan dugaan telah menjual 500 unit Nintendo Wii yang juga sudah dimodifikasi selama November 2009 hinga Juni 2011. Omzet usaha haram itu diprediksikan mencapai 15 juta yen atau sekitar Rp 1,6 miliar. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.