Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opera Mini vs Browser Biasa

Kompas.com - 27/07/2011, 16:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM- Akses internet melalui perangkat ponsel di Indonesia memang sedang melonjak pesat. Situs-situs jejaring sosial merupakan pemicu pengguna untuk melakukan jelajah dunia maya secara lebih sering.Selain itu, munculnya perangkat yang memiliki kemampuan mobile internet pun mendukung tingginya pemakaian tersebut.

Namun kerap kali kita tidak sadar bahwa pemakaian data sesungguhnya dihitung dan menjadi pemasukan bagi operator. Betapapun kini makinbanyak tawaran paket unlimited. Tahukah Anda bahwa membuka halaman Facebook lewat bworser biasa (biasanya disediakan oleh vendor pada produk ponselnya) telah membuat Anda membayar sebesar Rp 200,-, jika diberlakukan tarif per 1 KB data sebesar Rp 1,- Padahal beberapa operator ada pula yang mematok biaya sampai Rp 10,- per 1 KB data.

Karena itu, penggunaan browser yang memungkinkan kompresi data kiranya bisa jadi pilihan. Sebuah riset yang dilakukan oleh Opera Software menyebutkan bahwa menggunakan browser Opera Mini ternyata tak terlalu besar. Misalnya pada kasus Facebook tadi, besar file yang diunduh untuk membuka halamannya bisa hampir sepersembilan kali lebih kecil.

Berikut ini perbandingan besar file pada beberapa situs yang bisa menjadi referensi Anda. 

SITUS

BROWSER OPERA MINI

BROWSER MOBILE BIASA

www.google.com

10 KB

24 KB

mail.google.com

5 KB

20 KB

www.facebook.com

24 KB

201 KB

twitter.com

14 KB

222 KB

en.wikipedia.org

30 KB

103 KB

www.amazon.com

14 KB

42 KB

www.youtube.com

34 KB

303 KB

espn.go.com

122 KB

694 KB

www.myspace.com

41 KB

736 KB

www.nytimes.com

77 KB

459 KB

 Selain itu, Opera juga melansir data top 10 situs yang paling kerap dikunjungi oleh pengguna dari Indonesia melalui broswer Opera Mini, antara lain;

1. Facebook.com

2.Google.com

3. YouTube.com

4.Detik.com

5.Twitter.com

6.Yahoo.com

7.Waptrick.com

8.4Shared.com

9. Wikipedia.org

10.Kaskus.us

Opera juga paling kerap dipakai di ponsel-pnsel Nokia. Terbukti dari 10 ponsel tersering mengakses hingga Juni 2011 semuanya adalah produk Nokia, tertinggi adalah seri 5130 XpressMusic, sementara Nokia C3 yang notabene ponsel low end menduduki peringkat kedua. (ANDRA/FORSEL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com