Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Software Autodesk Rancang Mobil Masa Depan Ferrari

Kompas.com - 28/07/2011, 15:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ferrari dan Autodesk menggelar Ferrari World Design Contest, kompetisi internasional untuk mahasiswa yang bertujuan menggali talenta mereka merancang desain mobil masa depan. Sejumlah pemenang telah diumumkan dan mendapat apresiasi.

Kim Cheong Ju, Ahn Dre dan Lee Sahngseok dari Hongik University, Korea Selatan, menerima penghargaan Autodesk Design Award karena inovatif dalam penggunaan perangkat lunak desain.

Ferrari dan Autodesk juga menghargai seluruh tim pemenang atas desain-desain visioner mereka untuk Ferrari di masa datang, antara lain kepada: Hongik University (Korea Selatan) sebagai juara pertama, disusul IED (Italia) dan London Royal College of Arts (Inggris). Penghargaan khusus untuk Inovasi dan Teknologi juga diberikan kepada Jiangnan University (China).

"Kami sangat senang melihat calon-calon insinyur dari seluruh dunia yang menggunakan teknologi sepenuhnya dan melampaui batasan-batasan desain dengan ide-ide inspirasional dan imaginatif," ujar Brenda Discher, vice president of industry marketing di Autodesk dalam siaran persnya, yang diterima Kompas.com, Kamis (28/7/2011).

Ferrari World Design Contest menantang mahasiswa dari 50 sekolah desain internasional bergengsi untuk menciptakan Ferrari di masa yang akan datang, yang diberi nama hypercar, dengan menggunakan teknologi dan material terkini sambil mempertahankan kinerja legendaris dan keanggunan yang terkait dengan merek Ferrari. Tujuh tim finalis terpilih, masing-masih harus menciptakan model virtual 3D dari mobil hypercar yang mereka ajukan dengan menggunakan perangkat lunak Autodesk Alias serta model skala fisik 1:4. Karya yang dikirimkan dalam kompetisi Autodesk Design Award dinilai dari beberapa aspek, antara lain penggunaan perangkat lunak untuk memfasilitasi kolaborasi tim, penggunaan perangkat lunak desain dan kemampuan canggihnya, dan kualitas terbaik dan daya tarik visual dari desain akhir hypercar.

"Saya yakin bahwa beberapa usulan desain ini akan terlihat pada Ferrari di masa yang akan datang," ujar pimpinan Ferrari, Luca di Montezemolo.

Para mahasiswa pemenang Autodesk Design Award mendapatkan piala dan tiga orang anggota tim mendapat kesempatan menghadiri Autodesk University 2011, konferensi gobal pelanggan Autodesk di Las Vegas, Nevada, dengan seluruh biaya ditanggung oleh penyelenggara kompetisi. Pemenang keseluruhan kontes desain ini mendapat kesempatan internship dengan Ferrari di Maranello, Italia dan hadiah uang tunai. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Ferrari World Design Contest dan tim finalis, silakan kunjungi www.worlddesigncontest.ferrari.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com