Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Transportasi Publik

Bisa Pesan Taksi Lewat BB, Lho

Kompas.com - 02/08/2011, 08:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah berhasil menguji coba versi betanya selama satu bulan, Selasa (2/8/2011), perusahaan taksi Blue Bird akan meresmikan penggunaan perangkat BlackBerry untuk pemesanan taksi. Dengan BB, diharapkan interaksi antara pelanggan dan Blue Bird menjadi lebih baik. Pemesanan taksi pun lebih cepat dan pasti.

"Blue Bird telah memberi contoh bagaimana teknologi dimanfaatkan dengan cepat untuk mempermudah mobilitas. Bahkan, perusahaan taksi ini telah mampu menelusuri posisi taksi dengan global positioning system mereka," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Selasa pagi.

Wakil Menteri Perhubungan yang juga Presiden Intelligent Transport System Indonesia itu dijadwalkan meresmikan pemesanan taksi Blue Bird dengan BB pada Selasa sore di kantor pusat Blue Bird, Mampang, Jakarta Selatan.

Dengan pemesanan melalui BB juga ada kepastian dari sisi sopir taksi terkait keberadaan calon penumpang. Secara tak langsung, ini juga mendukung penghematan bahan bakar minyak karena taksi itu tak perlu lagi berputar-putar mencari penumpang. "Kemacetan juga menjadi sedikit berkurang," kata Bambang.

Head of Public Relation Blue Bird Teguh Wijayanto, dihubungi terpisah, mengatakan, selama sebulan uji coba, sudah ada 60.000 pengunduh aplikasi BlackBerry for Blue Bird. "Animonya luar biasa. Dan, kami mendengarkan masukan pelanggan soal layanan ini," kata dia. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari BlackBerry Application World.

Dengan layanan ini, pelanggan tak perlu menghubungi operator, tetapi cukup mencari posisi taksi Blue Bird terdekat melalui peta yang terkoneksi dengan jaringan Blue Bird. Pelanggan akan dapat langsung terhubung dengan sopir taksi. Tak perlu lagi menunggu taksi dengan gelisah.

Saat ini, layanan taksi Blue Bird dapat dinikmati di banyak kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Bali, Bandung, Banten, Lombok, Semarang, Surabaya, Manado, dan Medan. Di Jakarta saja ada sekitar 12.000 taksi Blue Bird.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com