Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapatkan Perhatian Si Dia dalam Sekejap!

Kompas.com - 06/08/2011, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Kesan pertama yang kita tangkap dari diri seseorang seringkali menentukan bagaimana kelanjutan hubungan kita dengan orang tersebut. Khususnya, bila hal itu menyangkut hubungan asmara. Soalnya, menurut Sam Gosling, PhD, dari University of Texas di Austin, sebagian orang memang pandai menilai karakter orang lain hanya dengan melihat fotonya.

 “Orang cukup pintar membaca karakter orang lain, keterbukaannya terhadap hal-hal baru, kesamaan, dan keyakinan dirinya,“ kata Gosling.

Namun bila kita bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya, ada empat hal yang bisa kita lakukan untuk membuat orang lain terkesan. Empat hal tersebut, menurut Joe Navarro, pakar komunikasi non verbal dan penulis buku What Every BODY is Saying, yaitu dari kejauhan, ketika Anda bersalaman, waktu Anda mulai berbicara, dan ketika Anda meninggalkannya.

Berbekal pengetahuan tersebut, mengapa Anda tidak mencoba menerapkannya untuk membuat pria idaman Anda terkesan pada Anda? Begini caranya menarik perhatiannya:

1. Kenakan sesuatu berwarna merah
Tidak harus pakaian, bisa juga tas, sepatu, atau aksesori lainnya. Sebuah studi dari British Psychological Society Research Digest menunjukkan, manusia selalu tertarik pada warna merah. Ketika Anda memakai sesuatu berwarna merah, pria cenderung akan mendekati dan mengajak ngobrol lebih jauh. Ketua penelitinya, Daniela Niesta Kayser, PhD, mengatakan, meskipun ada hambatan psikologis seperti malu, kurang pede, atau penampilan kurang menarik, memakai sesuatu berwarna merah bisa mengatasi hambatan tersebut.

2. Kontak mata
Ingin berkenalan dengan pria yang selalu duduk di pojok itu saat training? Lakukan kontak mata, karena bila dilakukan dengan benar, hal ini bisa membuat terkesan. Pastikan pandangan Anda rileks, dan senyum sekilas. Ulangi kontak mata Anda lebih dari enam kali dalam waktu tiga menit agar si dia tahu bahwa Anda tertarik padanya. Dalam banyak studi sering juga dikatakan, tataplah matanya selama tiga detik, lalu alihkan ke arah lain. Dengan demikian ia tahu bahwa Anda memang memperhatikannya, bukan kebetulan sedang menatapnya.

3. Berbicara dengan volume normal
Nada suara perempuan cenderung menjadi rendah ketika berbicara dengan pria yang tampan. Para psikolog dari Albright College, Pennsylvania, dan University of Baltimore mendapati, baik pria maupun wanita cenderung menurunkan nada suara mereka ketika menemukan seseorang yang membuat mereka tertarik. Kebanyakan pria memang menyukai wanita yang feminin dan memiliki suara merdu, namun Anda tidak perlu mengubah suara Anda demi merebut perhatiannya.

"Jadilah diri sendiri, dan jangan berusaha terlalu keras. Hal itu justru bisa membuat pria ilfil," tukas
Nicholas Boothman, penulis How to Make People Like You in 90 Seconds.
 
4. Lemparkan jokes untuk mencairkan suasana
Bagaimana cara mengetahui bahwa si dia juga tertarik pada Anda? Salah satunya adalah dengan membuat komentar cerdas yang lucu tetapi tidak terlalu kasar. Jauhi topik-topik sensitif seperti politik ketika Anda pertama kali mengobrol dengannya. Pilih saja topik seperti lingkungan sekitar Anda, atau budaya populer. Obrolan yang dalam namun disampaikan dengan santai dan ringan dapat membuat si dia betah mengobrol dengan Anda. Jangan terpancing memberikan komentar pedas atau terlalu agresif, dan dengan bahasa yang vulgar. Hal ini bisa membuatnya menjaga jarak dengan Anda.

5. Pastikan bahasa tubuh Anda terbuka
Ketika Anda berada di tengah ruangan dimana tak seorang pun mengenal Anda, reaksi pertama Anda untuk mengatasi keterasingan biasanya adalah bersedekap atau melipat kedua lengan di depan dada. Namun, bahasa tubuh seperti ini bisa diartikan berbeda oleh orang lain. Ketika mendapat kesempatan untuk ngobrol dengan pria ganteng tersebut, cobalah untuk tidak gelisah, melihat ke bawah, atau membungkuk. Berdiri lah dengan tegak namun rileks, dan tetap percaya diri. Jika Anda hanya menatap teman Anda, bahasa tubuh Anda mengatakan bahwa Anda berdua tidak ingin diganggu. Sebaiknya, menghadaplah ke arah ruangan untuk memberi kesan Anda berdua juga terbuka pada orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com