Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Netbook

Asus Luncurkan Netbook Tertipis di Dunia

Kompas.com - 08/08/2011, 22:26 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

KOMPAS.com -  Produsen netbook, Asus, akhirnya meluncurkan produk yang disebut sebagai netbook paling tipis dan ringan di dunia. Dengan ketebalan 17,6 milimeter dan berat secara keseluruhan mencapai 920 gram, produk berseri X101 ini menantang laptop tipis yang sudah ada di pasaran tanpa mengorbankan fungsionalitas.

Produk ini sebetulnya sudah pernah dipamerkan dalam hajatan komputer internasional, Computex 2011, di Taipei, Taiwan, beberapa bulan lalu. Desainnya yang ringan dan tipis dimaksudkan agar netbook ini bisa masuk dengan mudah ke dalam tas dan bisa dibawa dengan mudah ke manapun.

Jerohan netbook ini diduga sengaja dibuat untuk komputasi awan dengan mendongkrak kemampuan untuk berselancar di internet. Buktinya terletak pada penggunaan Solid State Drive sebesar 8 Gigabit tanpa ada Hardisk.

Sistem operasi yang digunakan adalah MeeGo yang pada dasarnya memiliki fungsionalitas untuk bekerja melalui komputasi awan maupun mengakses layanan eksklusif Asus seperti Asus Vibe, Asus Appstore, hingga fasilitas penyimpanan file secara daring yakni Dropbox.

Spesifikasi X101 juga tidak kalah meski disasarkan untuk pengguna mula netbook maupun orang yang ingin memiliki komputer sekunder. Prosesor yang disematkan ke dalam netbook ini adalah Intel Atom, RAM 1 Gb, 2 buah colokan USB 2.0, satu slot micro SD, dan webcam.

Inovasi Asus yang dibanggakan seperti Super Hybrid Engine memastikan kinerja netbook terus efisien sehingga bisa menghemat penggunaan batere. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.