Tokita Kunjungi Kojo Anima dan Agate Studio Bandung

Kompas.com - 09/08/2011, 21:23 WIB
EditorTri Wahono

BANDUNG, KOMPAS.com - Takashi Tokita, Produser, Senior Manager, Mobile Business Division Square Enix, perusahaan developer game Jepang yang memproduseri Final Fantasy hadir di Indonesia. Kota pertama yang dikunjunginya adalah Bandung.

Tujuan utama kedatangannya adalah memberikan kuliah umum di Aula Timur ITB, Selasa (9/8/2011) dalam rangka mempromosikan lomba game yang digelar Square Enix dan MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi). Ia juga menyempatkan untuk mengunjungi dua studio di Bandung.

Sebelum memberikan kuliah umum di ITB, ia berkunjung ke satu studio animasi yaitu Kojo Anima dan satu studio game Agate Studio. Berkunjung ke Agate Studi membuatnya teringat kembali masa-masa dua puluh tahun silam, ketika ia mulai menjadi game developer.

"Saya jadi ingat dua puluh tahun lalu, saya punya studio kecil bersama teman-teman saya. Kami bekerja keras, bersama-sama, menghabiskan banyak waktu di studio tersebut. Orang-orang muda dengan semangat yang luar biasa," ungkap Tokita sambil menikmati makan malam di Rumah Makan Cibiuk usai memberikan kuliah umum.

Tokita dan Square Enix datang ke Indonesia untuk merangkul developer game termasuk seperti yang ada di Agate Studio, mengumpulkan ide-ide mereka agar bisa dikembangkan oleh Square Enix. Bekerja sama dengan MIKTI, mereka menggelar kompetigi game di platform Android. Tiga orang pemenang dari kompetisi game yang diadakan ini akan mendapatkan kontrak eksklusif dan game tersebut akan dibantu pemasarannya ke internasional.

"Kami memang berencana membuat game baru untuk smartphone, khususnya Andoid karena saat ini, orang lebih banyak memiliki Android daripada konsol game," tutupnya.

Kedatangannya ke Indonesia untuk pertam kali tidak disia-siakan Tokita untuk mencicipi masakan khas Indonesia. Ia lahap mencicipi gurame goreng dengan sambal hijau khas Cibiuk. Awalnya ia hanya mengambil nasi sedikit, lalu mencoba sambal tersebut. Setelah mencoba dan merasa suka, Tokita menambah nasinya dan menghabiskan gurame goreng serta sambal yang dihidangkan untuknya.

"Saya menyukai masakan pedas dan Indonesia memiliki masakan pedas, contohnya sambal. Saya suka," ujarnya. Makan malam pertamanya di Bandung ini hanya bersama tiga orang wartawan dan empat orang tim Kojo Anima. Usai makan, Tokita berbincang santai seputar kedatangannya di Indonesia. Ia akan mengunjungi tiga kota, yakni Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta. Ini merupakan kunjungan tim Square Enix ke luar Jepang.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X