Pemerintah Uji Kesiapan Jaringan Telekomunikasi

Kompas.com - 15/08/2011, 20:23 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memastikan kesiapan setiap operator telekomunikasi mengantisipasi lonjakan trafik di jaringan selama musim mudik lebaran, pemerintah akan melakukan uji coba di berbagai daerah. Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring melepas tim uji jaringan, Senin (15/8/2011), di halaman kantor Kemkominfo, Jakarta.

Tim yang terdiri dari 30 mobil akan menuju 3 daerah, yakni Lampung, Pemalang dan Tasikmalaya. Keberangkatan tim drive test adalah acara rutin setiap tahunnya. Tim akan melakukan pengecekan ketersediaan jaringan, menyangkut sucess call ratio, dropped call, dan blocked call, durasi pengiriman SMS serta ketersediaan koneksi layanan internet yang berkualitas.

Dalam pengetesan, pelaksanaannya akan dilakukan dalam posisi tidak bergerak di wilayah yang bisa diakses publik dan masuk dalam jangkauan. Sementara drive test akan dilakukan saat berkendara di jalan utama, jalur kereta, daerah perdagangan, pemukiman padat penduduk dan wilayah pedesaan.

"Kepada seluruh pimpinan dan anggota tim Drive Test yang pagi ini langsung berangkat ke 3 tujuan, kami berharap dapat bekerja semaksimal mungkin. Tugasnya berat, sebab apapun hasilnya akan menjadi indikator kami dalam mengumumkan secara jujur pada masyarakat tentang kualitas layanan Lebaran ini," kata Tifatul.

Lebih lanjut, Tifatul mengatakan, pengecekan dilakukan karena peningkatan trafik dipastikan terjadi karena jumlah pemudik yang mencapai 17 juta orang. Tak hanya trafik panggilan, MMS dan SMS, tetapi juga akses data, termasuk lewat media sosial seperti Facebook dan Twitter serta streaming video lewat YouTube.

Dengan pengecekan ini, diharapakan masing-masing operator telekomunikasi bisa melakukan perbaikan terhadap kekurangan yang dimiliki sebelum arus mudik dan balik tiba nantinya. Dengan demikian, operator telekomunikasi bisa memberikan kualitas layanan terbaik dalam masa lebaran tahun ini.

"Kami mengharapkan pada teman teman operator supaya jangan sampai terjadi shut down. Ini harus bisa walaupun sangat berat, terutama di daerah-daerah padat seperti di Jawa Tengah," ungkap Tifatul.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengatakan, pihak penyiaran juga diharapkan mendukung kelancaran komunikasi arus mudik dan balik. Tim Test Drive yang berangkat hari ini adalah gabungan dari Kemkominfo dan operator telekomunikasi, terdiri dari Telkom, Telkomsel, XL Axiata, Bakrie Telecom, Smart Fren, Sampoerna Telecom Indonesia, NTS, dan HCPT.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.