Menkominfo: Jangan Habiskan Bandwidth - Kompas.com

Menkominfo: Jangan Habiskan Bandwidth

Kompas.com - 15/08/2011, 21:39 WIB

KOMPAS.com - Lonjakan trafik selama arus mudik dan balik Lebaran 1432H dipastikan terjadi , tidak hanya pada panggilan, SMS dan MMS, tapi juga pada akses data. Hal ini terjadi seiring naiknya tren layanan internet seperti jejaring sosial serta pengunduhan file lewat handset.

Namun, lonjakan trafik yang tinggi, tidak menutup kemungkinan jaringan penuh untuk melayani kebutuhan pelanggan. Untuk melancarkan telekomunikasi kala mudik, Menkominfo Tifatul Sembiring, mengimbau pengguna telekomunikasi bijak menggunakan layanan.

"Kepada para pengguna, kami mengharapkan agar tak perlu terlalu sering mengunduh. Selain itu juga nggak perlu terlalu sering akses video seperti YouTube," katanya saat melepas Tim Test Drive untuk Pengecekan Kualitas Layanan Telekomunikasi menjelang Lebaran, Senin (15/8/2011). "Ini sebabnya, akses video dan mengunduh gambar akan menyita bandwith besar."

Hal tersebut akan mengganggu pengguna lain yang ingin melakukan akses telekomunikasi dasar. Tifatul juga menghimbau agar masyarakat lebih cerdik dalam menggunakan layanan telekomunikasi.

"Kalau misalnya telepon macet, ya lebih baik memakai SMS. Karena SMS ini kan yang menyita bandwith paling kecil," imbaunya. Tifatul juga mengimbau agar pengguna tak melakukan panggilan berjam-jam.

Untuk mendukung kelancaran, Kemkominfo akan membuka call center pengaduan. Kalau ada masyarakat yang mengeluh tentang layanan tidak baik, bisa menyampaikannya ke call center 159.

Pengecekan kualitas jaringan yang dilakukan Tim Test Drive juga menjadi bagian upaya menghadapi arus mudik dan balik. Diharapkan, dari hasil pengecekan, operator bisa melakukan perbaikan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorTri Wahono

    Close Ads X