Akuisisi Motorola

Google Janji Android Tetap "Open Source"

Kompas.com - 16/08/2011, 00:33 WIB
EditorTri Wahono

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com — Meski segera memiliki Motorola, Google memastikan tidak akan mengubah model bisnis platform Android yang telah dijalankan selama dua tahun terakhir. CEO Google Larry Page menegaskan bahwa Android akan tetap dipertahankan sebagai platform open source.

"Akuisisi ini tidak akan mengubah komitmen kami untuk menjalankan Android sebagai sebuah platform terbuka. Motorola akan tetap menjadi salah satu pelisensi Android dan Android tetap terbuka," ungkap Larry Page dalam pernyataan resmi di situs Google, Senin (15/8/2011).

Larry Page juga menegaskan bahwa Motorola akan dijalankan sebagai bisnis terpisah. Google tetap akan melanjutkan kemitraan dengan produsen perangkat keras lainnya. Bahkan, Google berjanji, masuknya Motorola sebagai bagian integral akan meningkatkan pengalaman pengguna lebih baik lagi pada masa depan.

"Motorola juga pemimpin pasar di perangkat-perangkat dalam rumah dan bisnis solusi video. Dengan adanya transisi ke internet protocol, kami sangat tidak sabar untuk bekerja sama dengan Motorola dan industri secara keseluruhan untuk mendukung mitra dan bersama-sama mendorong percepatan inovasi di bidang ini," ucap Larry Page.

Ia meyakinkan kepada mitra pengguna Android bahwa akuisisi yang dilakukan Google akan memberi keuntungan yang besar bagi ekosistem. Pasalnya, tidak hanya meningkatkan inovasi teknologi, penguasaan paten Motorola oleh Google juga akan meningkatkan daya saing Android terhadap platform pesaing, seperti Apple dengan iOS dan Nokia serta Microsoft dengan Windows Phone.

"Kami berharap kombinasi ini memungkinkan kami melakukan terobosan baru dalam ekosistem Android. Meski demikian, visi kami terhadap Android tidak berubah dan Google teguh berkomitmen penuh menjadikan Android sebagai platform open source dan sebuah komunitas open source yang berpengaruh. Kami akan terus bekerja sama dengan semua partner untuk mengembangkan dan mendistribusikan perangkat-perangkat inovatif berbasis Android," ujar Andy Rubin, Senior Vice President of Mobile di Google.

Salah satu motivasi utama Google mengambil alih Motorola adalah memperkuat portofolio paten untuk bersaing dengan Microsoft dan Apple. Hal tersebut untuk memperkuat daya saing Android pada masa depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.