Ebike, Sepeda Listrik dari Smart

Kompas.com - 24/08/2011, 14:35 WIB
EditorBastian

STUTTGART, KOMPAS.com - Smart akan memproduksi sepeda listrik yang mereka namai Ebike, mulai tahun depan. Alat transportasi kayuh ini pertama kali ditampilkan  di ajang Paris Auto Show tahun lalu bersamaan dengan mobil dan skuter listrik. Target pasarnya, Smart memilih pecinta "goweser" di Eropa dan Amerika Utara .

Dalam memproduksi Ebike, Daimler menggandeng produsen sepeda listrik dari Jerman, Grace. Sepeda tersebut bisa disaksikan di ajang Frankfurt Auto Show (pertengahan September) dan  di pameran Eurobike di Friedrichshafen, Jerman, akhir bulan ini, (31/8). Smart berhadap Eropa bisa menjadi lokomotif utama penjualan sepeda listrik, dengan estimasi total pasar naik 40 persen dari tahun lalu menjadi 700.000 unit.

Smart Ebike merupakan produk unggulan dengan bodi terbuat dari bahan baja ringan dikombinasi aluminium, dan plastik. Lalu, lampu depan dan belakang LED, keping cakram, colokan USB untuk ponsel pintar (smartphone), dan menggunakan ban ukuran 26 inci.

Ketika melaju, Ebike digerakkan oleh motor listrik 250 watt dipadu dengan transmisi otomatis 3-percepatan. Sumber tenaga disuplai dari baterai lithium-ion yang bisa diisi ulang dari stop kontak di rumah. Baterai dalam kondisi penuh  bisa menempuh jarak maksimum 96,5 km dengan kecepatan tertinggi 24 km per jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.