Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Ada Kereta Tambahan

Kompas.com - 25/08/2011, 04:45 WIB

jakarta, kompas - Sebanyak sepuluh rangkaian kereta api tambahan mulai beroperasi pada hari ini untuk mengatasi lonjakan jumlah pemudik. Salah satu rangkaian kereta tambahan tersebut adalah KA Gajah Wong jurusan Yogyakarta yang baru diluncurkan kemarin. Selama masih tersedia, tiket bisa dibeli pada hari keberangkatan.

”Kereta Gajah Wong ini untuk meningkatkan pelayanan angkutan kepada masyarakat, terutama selama masa angkutan Lebaran ini,” kata Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Rabu (24/8), saat meluncurkan kereta sepuluh gerbong tersebut di Stasiun Jakarta Kota.

KA Gajah Wong adalah kereta kelas ekonomi dengan pendingin ruangan. Disebutkan, kereta ini berkapasitas 800 tempat duduk dengan tujuan akhir Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta. Kereta berangkat pukul 07.47 dari Stasiun Pasar Senen.

Selain rangkaian itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga mengoperasikan sembilan rangkaian kereta tambahan lainnya mulai hari ini hingga sebelas hari setelah Lebaran. Kesepuluh kereta tambahan itu terdiri atas lima rangkaian kereta kelas ekonomi, tiga rangkaian kereta kelas eksekutif, dan dua rangkaian kereta kelas kombinasi bisnis dan eksekutif.

Kereta tambahan itu akan melayani pemudik tujuan Kutoarjo, Madiun, Malang, Surabaya, Cirebon, Solo, dan Yogyakarta. Harga tiket kereta tambahan itu sama dengan kereta reguler.

”Bila kita menganggap kereta api merupakan urat nadi transportasi pada masa mudik, maka dengan hanya menyerahkan satu rangkaian kereta per tahun sebenarnya sangat sedikit,” kata ahli transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata, Djoko Setijowarno, yang ditemui di Stasiun Jakarta Kota.

Pelabuhan

Enam hari menjelang Lebaran, lebih dari lima ribu pemudik memanfaatkan moda transportasi kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok. Puncak arus mudik di pelabuhan ini diprediksi terjadi hari Jumat dan Sabtu (27/8).

Manajer Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok Suswibowo memperkirakan lonjakan penumpang di Tanjung Priok terjadi pada akhir pekan ini, dengan kisaran hingga 10.000 penumpang. Peningkatan arus mudik mulai terjadi di beberapa rute pelayaran, seperti Jakarta-Pontianak, Jakarta-Batam, Jakarta-Belawan, dan Jakarta-Surabaya.

Reza, penumpang tujuan Pontianak, memilih moda kapal laut karena harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan pesawat. ”Total biaya ke Pontianak lewat bangka Rp 670.000. Ini lebih murah dibandingkan dengan naik pesawat,” ujarnya.

Mudik gratis

Enam hari menjelang Lebaran, baru 440 penumpang yang mendaftarkan diri naik Kapal Republik Indonesia milik TNI Angkatan Laut dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Maka, masih terdapat sekitar 560 kursi gratis yang belum dimanfaatkan calon pemudik. Kapal itu mampu mengangkut 1.000 penumpang dan 500 motor. Kapal berangkat pada Sabtu (27/8) pukul 11.00.

(HEI/ABK/RYO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com