Steve Jobs Lepas Jabatan CEO Apple

Kompas.com - 25/08/2011, 08:54 WIB
EditorTri Wahono

CUPERTINO, KOMPAS.com — Steve Jobs mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Apple, Rabu (24/8/2011). Ia mengumumkan pengunduran diri tersebut lewat surat yang dikirimkan kepada dewan direksi Apple.

"Saya selalu mengatakan, jika suatu hari saya tidak dapat lagi menjalankan tugas dan harapan sebagai CEO Apple, saya akan menjadi orang pertama yang mengatakan hal tersebut. Sayangnya, hari tersebut telah datang," katanya dalam surat tersebut.

Apple selanjutnya memilih Tim Cook sebagai pengganti sementara jabatan yang ditinggalkan. Tim Cook selama ini memang menjalankan tugas CEO setiap kali Steve Jobs absen karena berbagai hal.

Mundurnya Steve Jobs sebagai CEO Apple sudah diantisipasi sejak lama. Ia beberapa kali cuti panjang karena harus menjalani pemulihan karena menjalani pengobatan kanker pankreas. Menurut situs LA Times, Jobs menjalani operasi pankreas sejak tujuh tahun lalu dan transplantasi hati dua tahun lalu.

Namun, kehadiran Jobs di Apple selau ditunggu-tunggu. Selama ini, dialah tokoh visioner di balik produk-produk fenomenal Apple, seperti Mac, iPod, iPhone, dan iPad. Meski sakit, Jobs selalu menyempatkan hadir dalam peluncuran produk-produk baru Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.