Pasar Modal

Saham Asia Ikuti Jejak AS dan Eropa

Kompas.com - 25/08/2011, 09:50 WIB
EditorMarcus Suprihadi

SYDNEY, KOMPAS.com- Pasar saham di Asia Pasifik pada perdagangan Kamis (25/8/2011)  ini melanjutkan penguatan di Eropa dan AS yang ditutup menguat.  Penguatan di Eropa dan AS itu didukung oleh kenaikan permintaan mobil dan pesawat pada buan Juli.

Permintaan tersebut menyiratkan akan ada perbaikan pada perekonomian AS karena berarti daya beli konsumen sudah bertambah.  

Indeks Nikkei 225 Jepang dibuka naik 1,3 persen, indeks S&P Australia naik 0,6 persen. Bursa Selandia Baru yang merupakan pasar saham pertama yang dibuka di dunia pada Kamis ini  juga naik 0,4 persen.

"Data ekonomi AS itu cukup baik dan yen melemah dari rekor tertingginya. Tetapi banyak pelaku pasar juga yang menantikan pidato Bernanke dan Nikkei tampaknya tidak terlalu tinggi hari ini," kata Michael McCarthy, Strategis pada sekuritas CMC Markets Sydney.

Menurut dia, mundurnya Steve Jobs sebagai CEO Apple Inc. tampaknya tidak begitu berdampak pada pasar saham di luar AS. Saham Apple hanya diperdagangkan di AS. "Jelas bagi Apple itu merupakan kejadian penting dan tampaknya memiliki dampak pada harga saham Apple, tetapi dari sudut pandang pasar yang lebih luas, kejadian itu tidak begitu penting," ujar McCarthy.

Saham Apple turun 7 persen pada perdagangan elektronik setelah bursa tutup. "Apple harus menunjukkan bahwa tanpa Jobs, mereka tetap dapat mengeluarkan produk-produk yang visioner," ujar Hendi Susanto, analis pada  Gabelli & Co. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.