Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pasar Modal

Saham Asia Ikuti Jejak AS dan Eropa

Kompas.com - 25/08/2011, 09:50 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com- Pasar saham di Asia Pasifik pada perdagangan Kamis (25/8/2011)  ini melanjutkan penguatan di Eropa dan AS yang ditutup menguat.  Penguatan di Eropa dan AS itu didukung oleh kenaikan permintaan mobil dan pesawat pada buan Juli.

Permintaan tersebut menyiratkan akan ada perbaikan pada perekonomian AS karena berarti daya beli konsumen sudah bertambah.  

Indeks Nikkei 225 Jepang dibuka naik 1,3 persen, indeks S&P Australia naik 0,6 persen. Bursa Selandia Baru yang merupakan pasar saham pertama yang dibuka di dunia pada Kamis ini  juga naik 0,4 persen.

"Data ekonomi AS itu cukup baik dan yen melemah dari rekor tertingginya. Tetapi banyak pelaku pasar juga yang menantikan pidato Bernanke dan Nikkei tampaknya tidak terlalu tinggi hari ini," kata Michael McCarthy, Strategis pada sekuritas CMC Markets Sydney.

Menurut dia, mundurnya Steve Jobs sebagai CEO Apple Inc. tampaknya tidak begitu berdampak pada pasar saham di luar AS. Saham Apple hanya diperdagangkan di AS. "Jelas bagi Apple itu merupakan kejadian penting dan tampaknya memiliki dampak pada harga saham Apple, tetapi dari sudut pandang pasar yang lebih luas, kejadian itu tidak begitu penting," ujar McCarthy.

Saham Apple turun 7 persen pada perdagangan elektronik setelah bursa tutup. "Apple harus menunjukkan bahwa tanpa Jobs, mereka tetap dapat mengeluarkan produk-produk yang visioner," ujar Hendi Susanto, analis pada  Gabelli & Co. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com