Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Bos Apple Mundur

Tim Cook Sudah Siap Gantikan Steve Jobs

Kompas.com - 25/08/2011, 13:24 WIB

KOMPAS.com — CEO Apple Steve Jobs memutuskan mundur dari jabatannya, Rabu (24/8/2011). Dengan mundurnya Jobs, Tim Cook yang selama ini dikenal sebagai "pria operasional" atau COO Apple siap menggantikan posisi Jobs. Ia harus bisa mempertahankan posisi Apple sebagai pemimpin pasar dan pemimpin dalam inovasi. Sejumlah analis bertanya, mampukah Cook menggantikan tugas Jobs?

Tidak hanya sebagai orang yang menjalankan Apple, tetapi sebagai sumber inspirasi bagi pekerja dan sumber kreativitas sehingga bisa membantu Apple tetap bertahan. Banyak analis yang tidak meragukan kemampuan Cook dalam memimpin perusahaan dari hari ke hari, mengurus supply chain, service, dan support.

Tetapi, banyak pula yang kurang yakin terhadap kemampuannya menjadi inspirator dan tokoh bagi karyawan serta kreativitas untuk mempertahankan Apple di masa depan.

"Steve Jobs selalu menjadi orang visioner di Apple. Tim Cook adalah pria operasional dan dia bagus. Masalah mungkin akan muncul beberapa tahun ke depan ketika perusahaan harus melihat apa yang tak bisa dilihat sekarang," kata Roger Kay, President Endpoint Technology Associate.

Namun, beberapa analis lain memandang positif jika Cook menjadi CEO Apple. Michael Gartenberg, analis dari Gartner, misalnya, mengatakan bahwa Cook adalah orang yang tepat untuk menggantikan Jobs.

"Anda butuh orang di posisi kemudi untuk melanjutkan operasi," katanya.

Steve Jobs sendiri mendukung majunya Cook sebagai CEO. Dalam surat pengunduran dirinya, ia menyatakan dengan jelas bahwa Cook adalah pilihan pertama dan telah direkomendasikan sebagai CEO pada Board Director Apple. Selama ini, Cook memang telah menggantikan jika Jobs absen, termasuk dari periode Januari hingga saat ini.

Ia telah bergabung dengan Apple sejak tahun 1998, dan kini menangani supply chain, service, support, dan urusan keseharian lainnya. Sebagai COO, Cook bukan berarti tanpa inovasi. Ia adalah salah satu pemrakarsa Apple Store yang kini terbilang sukses. Nah, mampukah ia berinovasi nanti untuk mempertahankan posisi Apple sebagai pemimpin pasar?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com